100 Kios di Pasar Sabtu Gununghalu Porak-poranda Diterjang Angin dan Hujan Deras

- Jumat, 19 November 2021 | 12:25 WIB
Kios Pasar Sabtu Gununghalu porak-poranda karena hujan deras, Kamis, 18 November 2021. (Ayobandung.com/Ist)
Kios Pasar Sabtu Gununghalu porak-poranda karena hujan deras, Kamis, 18 November 2021. (Ayobandung.com/Ist)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Hujan deras serta angin kencang menyebabkan bangunan Pasar Sabtu Gununghalu ambruk, di Kampung Pasirjaya RT 02 RW 17, Desa Gununghalu, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis 18 November 2021 kemarin.

Atap bangunan pasar itu rata dengan tanah, menyebabkan sedikitnya 100 kios pedagang hancur. Meski begitu, kejadian tersebut tak memakan korban jiwa, pasalnya aktivitas dagang sedang libur.

"lya betul ambruk, penyebabnya bangunan pasar itu runtuh karena cuaca ekstrem," kata Kepala Desa Gununghalu Isep Heriatna dihubungi, Jumat 19 November 2021.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng di Bandung Barat Terus Meroket

Isep menjelaskan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu sedang terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Karena durasi hujan lama, atap asbes menjadi berat karena menyerap air hujan, sehingga tiap penopang pasar tak mampu menyangga.

Menurutnya, kios yang rusak banyak ditempati oleh pedagang pakaian, kain, dan aksesoris kebutuhan rumah tangga. Karena pasar itu hanya beroperasi tiap hari Sabtu, saat kejadian tidak ada korban jiwa.

"Tidak ada korban, karena pasar sedang libur," tambahnya.

Dijelaskannya, bangunan pasar yang ambruk itu adalah bangunan baru yang dibangun oleh pihak pengembang selaku pemilik kontrak kerja sama selama 20 tahun.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X