Pemda KBB Bakal Relokasi Rumah Warga yang Berada di Lokasi Rawan Bencana

- Kamis, 18 November 2021 | 17:16 WIB
Warga Sukanagara, Bandung Barat, terpaksa mengungsi usai diterjang bencana longsor, pada Sabtu, 13 November 2021, malam.  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Warga Sukanagara, Bandung Barat, terpaksa mengungsi usai diterjang bencana longsor, pada Sabtu, 13 November 2021, malam. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM  — Rumah warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang berada di titik rawan bencana bakal dipindahkan. Rencana ini dilakukan sebagai antisipasi mengurangi korban jiwa akibat bencana dipicu cuaca ekstrem.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tengah melakukan kajian dan mendata rumah-rumah warga yang perlu direlokasi. Selain itu, saat ini masih dicari lokasi representatif pemindahan tempat tinggalnya. 

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, untuk memindahkan sementara warga yang berada di titik rawan longsor saat musim hujan tersebut, saat ini pihaknya tengah melakukan assesment dan menyusun teknisnya bersama Dinas Perumahan dan Permukiman.

"Nanti hasil assesment kita (diserahkan) ke Perkim dan nanti yang melalukan eksekusinya di mereka gitu," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis 18 November 2021. 

Seperti diketahui, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB mencatat, ada 11 kecamatan masuk kategori rawan longsor dan banjir bandang, seperti Kecamatan Rongga, Gununghalu, Cipongkor, Sindangkerta, Cililin, Cipatat Saguling, Cisarua, Parongpong, Lembang, dan Ngamprah.

Rencananya, pemindahan tersebut akan dilakukan bagi warga yang rumahnya berada tepat di atas dan di bawah tebing yang memang rawan longsor.

Namun, untuk saat ini pihaknya masih melakukan kajian untuk menentukan lokasi, dan pendataan warga yang rumahnya harus dipindahkan sementara.

"Kita sudah melakukan kajian bersama Perkim karena kalau kita hanya penanganan kedaruratannya saja. Intinya kalau relokasi itu untuk rumah yang berada di daerah rawan saja," kata Duddy.

Baca Juga: 39 Titik di Jalur Kereta Daop 2 Bandung Rawan Bencana, Ini Lokasinya

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X