Wisata Lembang Dibatasi, Hindari Dampak Bencana Akibat Cuaca Ekstrem

- Kamis, 18 November 2021 | 14:57 WIB
Cuaca ekstrem wisata Lembang. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Maswanajih/magang)
Cuaca ekstrem wisata Lembang. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Maswanajih/magang)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah tempat destinasi wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), di bawah kawasan lahan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara, bakal dibatasi guna menghindari potensi bencana yang dipicu cuaca ekstrem.

Perhutani juga akan memberlakukan skema buka tutup objek wisata bernuansa alam terbuka di tengah cuaca ekstrem Lembang dan potensi bencana hidrometeorologi.

Berdasarkan catatan Perhutani KPH Bandung Utara ada 11 objek wisata bertema alam yang berada di bawah naungan Perhutani. Tersebar mulai dari kawasan Parongpong, Cisarua, dan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Baca Juga: Drainase di Pasar Panorama Lembang Kembali Meluap, Padahal Sudah Dikeruk

Asisten Perhutani KPH Bandung Utara Susanto mengatakan skema buka tutup objek wisata saat cuaca ekstrem berlaku secara situasional. Hal itu dilakukan oleh pengelola setiap objek wisata.

"Tidak ditutup total selama cuaca ekstrem, tapi fleksibel. Jadi mekanisme buka tutupnya itu situasional. Ada SOP yang diterapkan pengelola yang merupakan mitra Perhutani atau swakelola," ujar Susanto saat dihubungi, Kamis 18 November 2021. 

"Teman-teman (pengelola) sudah belajar membaca situasi cuaca terutama di wilayah Cikole, Lembang. Kalau saat hujan turun dengan angin kencang dan berpotensi ada bencana pasti ditutup," kata Susanto menambahkan.

Penerapan mekanisme buka tutup objek wisata Perhutani berlaku selama prediksi cuaca esktrem terjadi. Apalagi ada arahan dari BPBD Bandung Barat untuk menerapkan mekanisme serupa. 

Baca Juga: Jalan Kolonel Masturi Lembang Ditutup untuk Kendaraan Besar, Muncul Retakan Berpotensi Longsor

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bawaslu Bandung Barat Siap Bentuk Sentra Gakkumdu

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:21 WIB
X