Tanggul Jebol di Rancaekek Diduga Terdampak Proyek KCIC

- Selasa, 16 November 2021 | 18:21 WIB
Rumah rusak parah akibat tanggul sungai Cikeruh jebol di Kampung Babakan Rawa, RT 08/078, Desa Rancaekek Kulon, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Senin, 15 November 2021. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Rumah rusak parah akibat tanggul sungai Cikeruh jebol di Kampung Babakan Rawa, RT 08/078, Desa Rancaekek Kulon, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Senin, 15 November 2021. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)



RANCAEKEK, AYOBANDUNG.COM — Tanggul jebol yang menyebabkan 3 unit rumah rusak berat di Kampung Babakan Rawa, Desa Rancaekek Kulon, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, diduga akibat terdampak poyek KCIC.

Kampung Babakan Rawa, berjarak lebih kurang 500 meter dari proyek pembangunan stasiun KCIC. Warga mengaku, jika Kampung tersebut biasa terendam banjir, namun kali ini merupakan yang terbesar.

"Memang biasa banjir, tetapi yang paling parah itu sekarang. Tanggul sampai jebol," ujar Dede, salah seorang korban tanggul jebol, Selasa 16 November 2021.

Tanggul yang berada di samping rumah Dede tidak kuat menahan debit air yang besar, sehingga jebol pada Senin malam.

Dede menyebut, debit air yang besar diakibatkan oleh saluran Sungai Cikijing mengalami penyempitan di lokasi proyek pembangunan stasiun KCIC.

"Ada yang menyempit di sana. Jadinya air tidak lancar," ujarnya.

Baca Juga: 3 Rumah Rusak Parah Akibat Tanggul Jebol di Rancaekek

Hal senada dikatakan oleh Camat Rancaekek, Baban Banjar. Menurutnya penyempitan aliran Sungai Cikeruh di lokasi pembangunan stasiun KCIC membuat aliran sungai jadi tidak lancar.

"Memang ada semacam bottle neck di Proyek KCIC. Sungai menjadi meneyempit," ucapnya.

Pihaknya sudah sering meminta kepada pemilik proyek untuk melakukan normalisasi. Mengingat penyempitan aliran Sungai Cikeruh diakibatkan oleh pembangunan stasiun KCIC.

Namun, sampai saat ini, pihak pelaksana proyek tidak juga melakukan perbaikan.

"Hanya janji saja, tetapi sampai sekarang tidak ada realisasi," katanya.

Dia berharap, dengan kejadian tanggul jebol di Rancaekek, pihak KCIC bisa melakukan perbaikan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi dikemudian hari. [*]

Baca Juga: Longsor Jebol Dinding Rumah Warga di Cipatat, Pemilik Mengungsi

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kata Bupati Bandung Terkait Kasus Brigadir J

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:05 WIB

Puluhan Lingkung Seni Benjang Unjuk Kebolehan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:38 WIB
X