Indonesia Digital Confrence: Digitalisasi Desa Bakal Jadi Mesin Penggerak Ekonomi

- Selasa, 16 November 2021 | 16:25 WIB
Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang dimulai pekan ini.  (Dok. AMSI)
Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang dimulai pekan ini. (Dok. AMSI)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar Road to Indonesia Digital Conference (IDC) yang dimulai pekan ini. Sebanyak delapan provinsi di Indonesia turut mengikuti kegiatan ini.

Selain itu, IDC juga  melibatkan pemimpin bisnis, tokoh, pembuat kebijakan, para profesional tingkat nasional dan internasional.

Setelah pada Senin, 15 November 2021 kemarin, pada sesi pertama AMSI Sumatera Selatan mengangkat tema “Akselerasi Digital Pariwisata Sumatera Selatan".

Berlanjut pada sesi kedua, giliran AMSI Kalimantan Timur membawa topik yang diangkat mengenai “Digitalisasi UMKM, Solusi Jitu Membangkitkan Ekonomi Kaltim".

Pada hari ini, Selasa, 16 November 2021 Road to IDC bergeser ke Bandung Jawa Barat, di mana AMSI Jawa Barat dalam pembahasan ini mengangkat tema “Percepatan Ekonomi Desa Melalui Digitalisasi”.

Peserta di sesi ini ditargetkan berasal dari pengelola wisata, pengusaha kuliner, UMKM, BUMDes, mahasiswa, pegiat media sosial dan masyarakat umum di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil mengatakan, melaui roadmap Desa Digital di Jawa Barat sudah membuahkan hasil. Banyak petani, peternak, dan UMKM di desa-desa yang penghasilannya naik lebih dari 200 persen setelah mengubah cara pengelolaannya dengan sentuhan digital.

“Digital itu tidak hanya untuk aplikasi atau jualan, tapi juga untuk kerja. Misalnya, kasih ikan dengan HP, penyiraman tanaman pakai HP, dan hasilnya meningkat 300 persen. Dengan demikian, digitalisasi bisa membangun ekonomi masyarakat lebih baik,” jelas Ridwan Kamil pada Selasa, 16 November 2021 dalam acara tersebut.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, Provinsi Jawa Barat ingin memberikan solusi permasalahan di tengah masyarakat melalui aplikasi atau memanfaatkan teknologi digital.

Maka selama lima tahun menjadi guberur Jawa Barat, dia telah membuat roadmap digitalisasi desa. Jawa Barat dengan jumlah penduduk 49,9 juta, sebanyak 72 persennya tinggal di pedesaan. Jumlah desa di Jawa Barat sebanyak 5.312 desa dan tersisa 23 desa yang belum bisa mengakses internet.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Segini Tarif Tol Cisumdawu Setelah Gratis Dua Pekan

Selasa, 25 Januari 2022 | 13:44 WIB

Update Omicron Kota Bandung, 80 Kontak Erat Dites PCR

Senin, 24 Januari 2022 | 13:17 WIB

Kasus 6 Omicron Bandung Tersebar, Ini Update Terbaru

Senin, 24 Januari 2022 | 13:09 WIB
X