Jadi Ikon Wisata Bandung, Jalan Braga Minim Tempat Sampah

- Senin, 15 November 2021 | 16:59 WIB
Sampah berserakan di Jalan Braga, Kota Bandung, Senin, 15 November 2021. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Sampah berserakan di Jalan Braga, Kota Bandung, Senin, 15 November 2021. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
 
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Siapa yang tak kenal Jalan Braga? Jalan ini dikenal sebagai salah satu ikon Kota Bandung yang menjadi tujuan destinasi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. 
 
Meski begitu, berdasarkan pantauan Ayobandung.com, di sepanjang Jalan Braga tidak terdapat tempat sampah yang memadai. 
 
Meski ditemui ada beberapa tempat sampah Jalan Braga, ternyata tempat sampah itu swadaya dari toko yang ada di kawasan Jalan Braga. 
 
 
Seperti di Jalan Braga pendek sekitar deBraga Hotel, tak terdapat tempat sampah sehingga sampah menumpuk di area trotoar. Beberapa tembok bekas berdirinya tempat sampah pun terlihat masih ada di area trotoar. 
 
Berangkat dari hal ini, Camat Sumur Bandung Willi Yudia mengatakan, wisatawan Braga sering mengeluh ketersediaan sarana tempat sampah. Ia melanjutkan, sudah sewajarnya jika wisatawan menginginkan lingkungan yang steril dan bersih. 
 
Ember dijadikan tempat sampah di Jalan Braga. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
 
Oleh karena itu, Willi meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Bandung untuk memenuhi fasilitas dasar kebutuhan wisatawan di Jalan Braga, salah satunya tempat sampah
 
"Kalau bicara penampungan sampah di beberapa sudut memang sudah kita siapkan dan secara intens juga petugas memunguti walaupun seperti itu kelihatannya belum mencukupi. Mobilisasi para wisatawan cukup luar biasa apalagi di wilayah Braga dan sekitarnya. Paling tidak di sepanjang area paling tidak ada tempat sampah yang mengakomodir," ujar Willi di Jalan Braga pada Senin, 15 November 2021. 
 
 
Selanjutnya, Willi menerangkan, Braga memiliki dua ruas jalan yakni Braga panjang dan Braga pendek serta idealnya membutuhkan 20 tempat sampah
 
"Harus siap juga dengan tata kelola sampah, karena biasanya disiapkan sarana persampahan otomatis harus ada petugasnya yang senantiasa mengelola itu. Mulai dari pengangkutan ke tempat pembuangan sampah (TPS)," paparnya. 
 
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLHK Kota Bandung, Sopyan Hernadi mengklaim di Braga pendek sudah terdapat tempat sampah
 
"Karena kita prioritasnya Braga pendek terus yang di Gedung Merdeka, mungkin satu sampai dua kita dorong agar ke sana dikit ke Braga ujung sampai Citywalk, (tempat sampah plastik) paling tidak ditempatkan di beberapa gitu," ungkapnya. 
 
Menurutnya dulu tempat sampah pernah dipasang oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, tetapi sekarang sudah rusak. 
 
 
Sopyan menegaskan, idealnya jumlah tempat sampah di daerah Alun-alun dan Braga mencapai 40 titik tempat sampah
 
"Dulu prinsipnya ada tempat sampah yang dipakai kresek, itu di pasang (tempat sampah) di trotoar permanen, itu harus dikondisikan dengan PU jangan merusak konsep trotoar," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 21 Januari 2022

Jumat, 21 Januari 2022 | 05:00 WIB
X