Warga Sukanagara KBB Mengungsi Akibat Terdampak Longsor

- Senin, 15 November 2021 | 16:34 WIB
Warga Sukanagara, Bandung Barat, terpaksa mengungsi usai diterjang bencana longsor, pada Sabtu, 13 November 2021, malam.  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Warga Sukanagara, Bandung Barat, terpaksa mengungsi usai diterjang bencana longsor, pada Sabtu, 13 November 2021, malam. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Warga Sukanagara, RT 04 RW 08, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terpaksa mengungsi usai diterjang bencana longsor, pada Sabtu, 13 November 2021, malam. 

Langkah tersebut dilakukan guna mengantisipasi bencana longsor susulan. Pasalnya, kontur tanah di lokasi masih labil. Total jumlah warga yang mengungsi ke rumah kerabat sebanyak 15 orang.

Dalam kejadian itu, sebanyak lima rumah di Kampung Sukanagara itu terdampak longsor dari jalan sepanjang 20 meter dengan ketinggian 7 meter.

Material longsor berupa bebatuan serta beton permukaan jalan menutupi pintu masuk rumah tersebut.

"Langsung ngungsi, saya ngontrak rumah di dekat sini. Karena kalau di rumah kan enggak memungkinkan bahaya," kata seorang warga yang terdampak longsor, Ida Widaningsih (62), Senin, 15 November 2021. 

Ida sendiri baru kali ini terdampak longsor selama puluhan tahun tinggal di kampung tersebut. Hingga saat ini ia masih merasa trauma apalagi jika hujan deras mengguyur. 

"Baru kali ini terdampak longsor, masih trauma ini juga. Apalagi kalau hujan deras, selalu degdegan setelahnya," tutur Ida. 

Ida berencana menjual rumah tersebut, lantaran tak mau lagi terancam longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Ia masih menganggap dirinya beruntung mengingat longsor tak langsung menerjang rumahnya hingga rusak parah. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konflik Lahan SDN Bunisari KBB Dibawa ke Meja Hijau

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:32 WIB
X