Jalan Kolonel Masturi Lembang Ditutup untuk Kendaraan Besar, Muncul Retakan Berpotensi Longsor

- Senin, 15 November 2021 | 13:46 WIB
Jalan Kolonel Masturi Lembang ditutup. Longsor di tebing setinggi 20 mater, RT 7 RW 6, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Selasa 2 November 2021. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Jalan Kolonel Masturi Lembang ditutup. Longsor di tebing setinggi 20 mater, RT 7 RW 6, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Selasa 2 November 2021. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

 

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menemukan retakan baru di tebing setinggi 20 meter di Jalan Kolonel Masturi, Kampung Keramat, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, usai hujan lebat, pada Sabtu 13 November 2021 kemarin. 

Untuk menghindari peristiwa longsor susulan, BPBD menutup sementara akses jalan Kolonel Masturi (Kolmas) bagi kendaraan besar. Pasalnya, kendaraan besar berpotensi memicu longsor akibat getaran saaat melintas. 

"Pengguna jalan kami imbau tetap hati-hati terutama kendaraan besar untuk tidak melintas. Khawatir getarannya akan berpengaruh memicu longsor susulan," kata Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo, Senin 15 November 2021.

Baca Juga: SMAN 1 Lembang Diterjang Banjir Lumpur, Kerugian Capai Rp400 Juta

Baca Juga: Terdampak Longsor, Warga 2 Desa di Lembang Bakal Direlokasi Sementara

Sebelumnya, tebing tersebut sempat longsor menutup Jalan Kolonel Masturi serta akses jalur Lembang-Cimahi, pada Selasa 2 November 2021 lalu. Akibat retakan baru, BPBD saat ini menutup tebing tersebut menggunakan terpal supaya tatkala longsor bisa tertahan.

"Hujan deras yang terjadi pada hati Sabtu mengakibatkan lokasi longsoran di sekitaran alam sejuk, Kolmas, mengalami retakan di atas longsoran. Kemarin sempat ditutup sementara karena hujan, saat ini sudah dibuka kembali," jelas Duddy

"Namun demikian, upaya mitigasi itu akan ditutup dengan menggunakan terpal untuk menghindari longsor susulan," tambahnya. 

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gaji ASN Bandung Barat Diprediksi Cair Pekan Ini

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:38 WIB

Misteri Usia Fosil Kerbau Purba di Bandung Barat

Minggu, 16 Januari 2022 | 19:53 WIB
X