SMAN 1 Lembang Diterjang Banjir Lumpur, Kerugian Capai Rp400 Juta

- Senin, 15 November 2021 | 13:10 WIB
SMAN 1 Lembang diterjang lumpur, Sabtu, 13 November 2021. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
SMAN 1 Lembang diterjang lumpur, Sabtu, 13 November 2021. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Banjir yang menerjang SMAN 1 Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengakibatkan sekolah menderita kerugian sekitar Rp400 juta. Angka itu berdasarkan perhitungan kerugian akibat 35 unit komputer rusak dan satu ruang kelas jebol. 

"Untuk komputer yang rusak kurang lebih kerugiannya Rp 200 juta, tambah bangunan dan taman Rp200 juta. Jadi, kerugiannya diperkirakan Rp400 juta," kata Kepala SMAN 1 Lembang, Suhendiana Noor saat ditemui di SMAN 1 Lembang, Bandung Barat, Senin 15 November 2021. 

Seperti diketahui, banjir bandang yang terjadi pada Sabtu 13 November 2021 malam itu, menyebabkan ruangan komputer jebol dan 35 unit komputer rusak hingga tidak bisa diperbaiki lagi. Sedangkan 20 ruangan lainnya terendam lumpur.

Baca Juga: Terdampak Longsor, Warga 2 Desa di Lembang Bakal Direlokasi Sementara

Setelah kejadian ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk mengajukan perbaikan ruangan dan penggantian 35 komputer yang rusak karena sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

"Dinas Pendidikan (Jabar) sudah menanyakan masalah kerugian dan sebagainya. Mereka sudah merespons, dan pak kadis juga menghubungi kita masalah keadaan dan sebagainya, terus kita juga sudah memberikan laporan," kata Suhendiana.

Sementara dari Pemerintah Kabupaten Bandung Barat seperti petugas BPBD dan DPUPR, kata dia, sudah meninjau lokasi kejadian untuk melakukan pendataan terkait dampak dari banjir bandang tersebut.

"Dari Pemda KBB, BPBD, dan Dinas Pendidikan (Jabar) sudah kesini untuk mendata. Bantuan juga sudah dikirimkan untuk membersihkan air di halaman yang masih terendam lumpur," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang tersebut setelah turun hujan deras akibat drainase di daerah yang paling atas tidak berfungsi optimal hingga menyebabkan air meluber dan langsung masuk ke lingkungan sekolah.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Irigasi Meluap, 8 Rumah di Ngamprah Terendam Banjir

Jumat, 26 November 2021 | 18:33 WIB

Usulan UMK KBB 2022 Naik 7 Persen, Ini Komentar Apindo

Kamis, 25 November 2021 | 19:19 WIB
X