Bandung Utara Dikepung Bencana, Dalam 2 Hari Terjadi 9 Titik Longsor dan Banjir

- Senin, 15 November 2021 | 10:49 WIB
Bencana banjir dan longsor menerjang Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Bencana banjir dan longsor menerjang Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Kawasan Bandung Utara meliputi Kecamatan Lembang, Cisarua, dan Ngamprah diterjang bencana banjir dan longsor. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat terjadi sedikit 9 titik longsor dan banjir, pada 13-14 November 2021. 

Dari beberapa daerah di Bandung Utara tersebut, Lembang menjadi wilayah paling banyak diterjang bencana. Tercatat ada 5 lokasi bencana banjir dan longsor yang enyebabkan 4 rumah rusak berat, jalan umum tertutup, dan 1 ruang kelas di SMAN 1 Lembang jebol. 

Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo mengatakan bencana pertama terjadi longsor di Kampung Ampera RT 1 RW 16, Desa Jayagiri Kecamatan Lembang, 13 November 2021. Dalam peristiwa ini, sebanyak 1 rumah rusak berat, 7 rumah terancam. Sebanyak 92 jiwa terpaksa mengungsi khawatir longsor susulan. 

Baca Juga: Antisipasi Banjir Susulan ke SMAN 1 Lembang, Saluran Air Sementara Dibuat

"Karena dikhawatirkan karena berada di wilayah rawan longsor susulan masyarakat RW 13 RT 01, RT 02, dan RW 16 Rt 01 dengan jumlah 17 KK – 92 Jiwa, mengungsi ke kerabat terdekat, dan sedang dilakukan koordinasi oleh pihak desa kepada pengurus Gedung Kementerian Sosial di BPPKS Panorama Lembang untuk bisa dijadikan tempat untuk mengungsi," kata Duddy, Senin 15 November 2021.

Kejadian kedua di Jalan Gunung Putri Desa Jayagiri Kecamatan Lembang. Akses jalan desa tertutup material longsoran tanah dengan panjang 5 m, lebar 3, Tinggi 4 m. Akses jalan tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda 2 dan roda 4. 

"Peristiwa ketiga terjadi Kampung PPI, Desa Lembang, Kecamatan Lembang. Satu rumah rusak berat dan 2 rumah terancam," papar Duddy. 

Peristiwa keempat terjadi longsor di Kampung Sukanagara, Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang. Jalan Desa ambruk setinggi 7 meter, panjang 20 meter menimpa rumah. Satu rumah rusak berat dan dua rumah terancam. Peristiwa ketiga terjadi SMA 1 Lembang. 1 ruang kelas rusak parah dan 20 ruangan lainnya tertutup lumpur.

Kejadian tanah longsor di Kecamatan Cisarua terjadi di dua lokasi yaitu Kampung Tugu RT 01 RW 05, Desa Tugumukti dan Kampunh Cijanggel RT 1 RW 11 WIB Desa Kertawangi. Dalam peristiwa ini, 1 rumah ringan dan 5 lainnya terancam. 

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X