Antisipasi Banjir Susulan ke SMAN 1 Lembang, Saluran Air Sementara Dibuat

- Minggu, 14 November 2021 | 18:30 WIB
SMAN 1 Lembang diterjang lumpur, Sabtu, 13 November 2021. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
SMAN 1 Lembang diterjang lumpur, Sabtu, 13 November 2021. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Banjir bandang yang menerjang SMAN 1 Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) disebabkan tak berfungsinya saluran air dari daerah hulu. 

Faktor lain pemicu banjir adalah tingginya intensitas hujan serta tembok pembatas Balai Inseminasi Buatan (BIB) ambruk diterjang banjir akibat drainase di bagian atas tidak berfungsi optimal.

Kepala SMAN 1 Lembang Suhendiana Noor mengatakan, untuk antisipasi jangka pendek pihaknya berencana membuat saluran air sementara agar airnya tidak kembali masuk ke sekolah ketika turun hujan deras.

Baca Juga: SMAN 1 Lembang Dihantam Banjir Lumpur, PTM Dihentikan Sementara

"Barangkali air hujan bisa dialirkan ke Pacuan Kuda lalu ke aliran lebih besar. Kalau begini terus, kita pasti terus terdampak," ujarnya di SMAN 1 Lembang, KBB, Minggu 15 November 2021.

Sementara untuk antisipasi dan penanganan jangka panjang pihaknya akan meminta pemerintah untuk menata saluran drainase di wilayah Lembang, terutama yang berada di bagian atas seperti Kampung Bukanagara dan memperbaiki benteng yang ambrol.

Sebelumnya, pada Sabtu 13 November 2021 malam, sebanyak 20 ruangan di sekolah tersebut diterjang banjir bandang hingga merendam peralatan sekolah seperti meja, dan kursi serta 35 unit komputer rusak parah karena ruangannya jebol. 

Hingga saat ini pihaknya masih menghitung kerugian atas bencana tersebut, namun dipastikan 35 unit komputer yang disimpan dalam ruangan laboratorium tidak bisa digunakan lagi.

"Alhamdulillah kemarin gak ada korban jiwa karena sedang libur," kata Suhendiana.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

289 Orang Daftar Anggota Panwascam di Bandung Barat

Jumat, 30 September 2022 | 17:10 WIB

Pemprov Jabar Dorong Petani Kopi Ekspor Tanpa Perantara

Jumat, 23 September 2022 | 19:07 WIB
X