Harga Minyak Goreng Curah Hari Ini Terus Merangkak Naik, Ternyata Ini Penyebabnya

- Jumat, 12 November 2021 | 10:15 WIB
Harga minyak goreng curah hari ini di Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Harga minyak goreng curah hari ini di Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Harga minyak goreng curah hari ini di Kota Bandung terus melonjak. Menurut pantauan Ayobandung.com di lapangan, harga minyak curah hari ini di Pasar Ciwastra sampai Rp20.000 per liter. Sementara minyak goreng kemasan Rp19.000 per liter. 
 
Menanggapi hal ini, Kepala Bidang (Kabid) Distribusi Perdagangan dan Pengawasan Kemetrologian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin) Kota Bandung Meiwan Kartiwa menyebut, harga minyak mentah dunia CPO (Crude Palm Oil) tinggi berdampak pada harga penjualan minyak goreng di Indonesia. 
 
"Terkait dengan kenaikan harga ini bukan hanya terjadi di Kota Bandung. Ini hampir terjadi di seluruh daerah Indonesia," kata Meiwan pada Kamis, 11 November 2021.
 
 
Ditanya sampai kapan kenaikan harga minyak goreng terjadi, Meiwan menjawab kenaikan harga minyak goreng terus terjadi selama minyak mentah dunia CPO belum stabil. 
 
"Produksinya masih ini dan harga CPO-nya masih naik ya kemungkinan masih ada kenaikan," terang Meiwan. 
 
Meiwan pun berharap semoga cepat ada solusi dengan lonjakan harga minyak goreng yang ada di Indonesia khususnya Kota Bandung. 
 
"Ada solusilah terkait harga minyak. Pastilah pemerintah daerah maupun pemerintah pusat selalu konsen dengan hal ini," tutur Meiwan. 
 
Sebenarnya, kata dia, harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Tahun 2020 hanyaRp11.000. 
 
 
"Itu untuk harga minyak goreng kemasan sederhana. Beda dengan premium yang ada merknya," tanggapnya. 
 
Jika nantinya mengalami kelangkaan stok minyak goreng, tidak menutup kemungkinan Disdagin Kota Bandung akan membatasi jumlah pembelian. 
 
"Kalau mendesak atau memang susah kemungkinan itu ada. Tapi kita selalu berharap itu tidak terjadi," tuturnya. 
 
Dengan adanya hal itu, Meiwan mengimbau kepada masyarakat agar tidak panic buying.
 
"Kita dari Disdagin yang pertama tentu jangan panic buying, menumpuk minyak dengan melakukan pembelian besar-besaran," pintanya. 
 
 
Meiwan melanjutkan, pihaknya melakukan beberapa upaya terkait kenaikan Harga minyak goreng curah hari.
 
"Kita terus berkoordinasi bagaimana caranya agar ketersediaannya ada. Dan ujung-ujungnya apakah kita bisa membuka operasi pasar atau bazar meskipun mungkin dalam kondisi pandemi agak susah aja kalau kita dilakukan kerumunan akan ada efek yang lainnya juga," ujarnya. 

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Segini Tarif Tol Cisumdawu Setelah Gratis Dua Pekan

Selasa, 25 Januari 2022 | 13:44 WIB

Update Omicron Kota Bandung, 80 Kontak Erat Dites PCR

Senin, 24 Januari 2022 | 13:17 WIB

Kasus 6 Omicron Bandung Tersebar, Ini Update Terbaru

Senin, 24 Januari 2022 | 13:09 WIB
X