Sampah di TPS Ciwastra Bandung Numpuk, Meluber ke Belakang Pasar dan Bau Menyengat

- Kamis, 11 November 2021 | 12:24 WIB
Sampah menumpuk di TPS Ciwastra, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung.  (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Sampah menumpuk di TPS Ciwastra, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung.  (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

RANCASARI, AYOBANDUNG.COM -- Terlihat sampah menumpuk TPS Ciwastra, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. Hal ini terjadi usai TPA Sarimukti berhenti beroperasi, di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, sejak Jumat, 5 November 2021 lalu. 
 
Menurut pantauan Ayobandung.com, sampah terlihat meluber ke bagian belakang pasar hingga mengganggu jalan dan pengunjung pasar. Bau menyengat dari tumpukan sampah tercium hingga radius puluhan meter. 
 
Koordinator TPS Pasar Ciwastra, Inan (48), mengatakan, penumpukan sampah ini sudah terjadi sejak Jumat, 5 November 2021. Menurutnya, hal ini berkaitan dengan sempat berhenti beroperasinya TPA Sarimukti. 
 
 
Inan mengatakan, keterlambatan berawal dari perubahan waktu, armada pengangkut sampah yang berkurang, hingga alat berat dalam keadaan rusak. Meski begitu, menurut Inan, pengangkutan dilakukan setiap hari. 
 
"Setiap hari diangkut, tapi gak maksimal jadi biasanya ada pengangkutan 6 sampai 7 truk sekarang cuma 3 sampai 4 jadi ada sisa," ujar Inan pada Kamis, 11 November 2021.
 
Menurutnya, kondisi TPS Ciwastra yang memiliki kapasitas sekitar 150 meter kubik ini tidak selalu meluber. Biasanya, sampah hanya menumpuk di bagian dalam TPS. 
 
 
"Alat beratnya rusak sudah seminggu, barusan ada informasi sudah ada untuk penggantiannya," tambahnya. 
 
Selain kondisi tersebut, penumpukan diperparah oleh petugas kebersihan yang tidak tertib dalam prosedur pembuangan sampah. 
 
"Kalau dari pasar sedikit, kebanyakan sampah dari warga. Terus terang aja, yang buah sampahnya seenaknya tukang roda-rodanya. Lagi alat rusak, gak mau ngisi ke kendaraan (truk sampah) langsung aja buang," ujarnya.
 
 
Inan juga berharap, agar kondisi ini segera teratasi. Pasalnya, TPS Pasar Ciwastra ini menampung sampah dari 6 kelurahan dari 2 kecamatan, di antaranya, Mekarjaya, Cijawura, Sekejati, Manjahlega, Jatisari, dan Derwati. 
 
Saat di lokasi, tampak alat berat yang sedang diperbaiki. Bahkan, seorang petugas terlihat sedang membawa bagian ban yang bocor untuk ditambal. 

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kondisi Terkini 6 Pasien Omicron Kota Bandung

Kamis, 20 Januari 2022 | 07:00 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 20 Januari 2022

Kamis, 20 Januari 2022 | 05:00 WIB

Kasus Covid Bandung Hari Ini Melonjak

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:51 WIB

Antisipasi Omicron, ASN Bandung WFH Lagi?

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:07 WIB
X