Ribuan Aset Lahan Milik Pemda KBB Belum Bersertifikat, Padahal Telah Berdiri 14 Tahun

- Selasa, 9 November 2021 | 19:40 WIB
lt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan. Ribuan aset lahan milik Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum tersertifikasi sejak berpisah jadi otonomi baru dari Kabupaten Bandung pada 14 tahun silam.  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
lt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan. Ribuan aset lahan milik Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum tersertifikasi sejak berpisah jadi otonomi baru dari Kabupaten Bandung pada 14 tahun silam. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Ribuan aset lahan milik Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum tersertifikasi sejak berpisah jadi otonomi baru dari Kabupaten Bandung pada 14 tahun silam. 

Berdasarkan catatan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), KBB, total aset lahan Pemda KBB seluruhnya mencapai 1.749 bidang. Namun dari jumlah itu hingga Desember 2020, baru 57 bidang yang tersertifikat sementara sisanya sebanyak 1.692 bidang belum.

Kepala BKAD KBB Agustina Piryanti menyebutkan, setiap tahunnya Pemda KBB terus berupaya menyertifikatkan lahan yang menjadi aset daerah. Secara bertahap, sertifikasi lahan Pemda tersebut dicicil diajukan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Baca Juga: Perbaikan Jalan di Citatah KBB Bikin Macet, Pengendara Terjebak 2 Jam

"Kami terus bertahap mengajukan sertifikasi lahan Pemda karena bidangnya banyak. Semoga tahun 2022 akan lebih banyak lagi lahan aset Pemda yang sudah bersertifikat," ucapnya, Selasa 9 November 2021. 

Menurutnya, untuk tahun ini jumlah pengajuan ke pihak BPN ada 322 berkas bidang dengan progres pengukuran tanah 297 bidang, progres penetapan peta  223 bidang, progres pengajuan SK hak pakai 192 bidang. Kemudian sertifikat yang sudah terbit 122 dengan 196 bidang.

Selain itu, BPN KBB juga telah menyerahkan 65 sertifikat untuk 139 bidang lahan aset Pemda. Rinciannya Alun-alun Cililin 1 sertifikat dengan hanya 1 bidang, kemudian sekolah/ sarana pendidikan 18 sertifikat untuk 18 bidang dan lahan perkantoran KBB 46 sertifikat dengan 120 bidang.

Baca Juga: Tak Puas Hasil Tes Akademik, Pendukung Calon Kades di KBB Geruduk Unjani

Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengakui, masih banyaknya lahan Pemda yang belum bersertifikat menjadi pekerjaan rumah pihaknya. Padahal sesuai dengan arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), aset lahan Pemda tersebut harus sudah disertifikatkan seluruhnya. 

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usia Waduk Saguling di Ujung Tanduk Ini Penyebabnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:15 WIB

Gaji ASN Bandung Barat Diprediksi Cair Pekan Ini

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:38 WIB
X