540 Ton Sampah Kota Cimahi Menumpuk, Imbas TPA Sarimukti Tutup

- Selasa, 9 November 2021 | 12:32 WIB
540 ton sampah menumpuk di beberapa TPS Cimahi. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
540 ton sampah menumpuk di beberapa TPS Cimahi. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Mogoknya aktivitas pengolahan sampah di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) akibat kehabisan bahan bakar, berdampak pada penumpukan sampah di Kota Cimahi. Selama dua hari, ada 540 ton sampah menumpuk di beberapa TPS Cimahi.

Meski TPA Sarimukti telah beroperasi kembali pada Minggu, 7 November 2021, sejumlah kendaraan roda tiga pengangkut sampah terlihat masih antre di TPS Cilember, Kota Cimahi pada Selasa 9 November 2021 pagi.

Sampah-sampah yang diangkut dari sejumlah kelurahan di Kota Cimahi itu belum bisa dibuang di TPS tersebut lantaran kondisinya penuh. Imbasnya, hingga pagi ini TPS Cilember belum bisa menampung sampah baru.

Baca Juga: Kenangan Manis Naik Damri Ciburuy-Alun-alun Bandung: Bontram hingga Belanja Baju Baru

"Jumat dan Sabtu kita full gak buang sampah ke TPA karena ditutup. Kalau tumpukan sehari itu bisa sekitar 270 ton, kalau 2 hari berarti sekitar 540 ton yang menumpuk," ungkap Tarya.

Dikatakan Tarya, pada Jumat 5 November 2021, ada sekitar 34 unit armada yang terlanjur mengirim sampah ke TPA Sarimukti. Namun sesampainya di sana ternyata sampah tidak bisa dibuang sebab operasionalnya ditutup saat ini.

Puluhan armada pengangkut sampah itu terpakai diinapkan di sekitar jalan menuju TPA. Sedangkan para awaknya seperti sopir dijemput menggunakan kendaraan operasional.

"Sabtu pagi kita ke sana lagi buat ambil unit. Kalau yang dump truck kita simpan baknya di sana. Sementara unit kendaraannya dibawa pulang dulu," beber Tarya.

Pada Minggu 7 November 2021 sekitar pukul 11.00 WIB barulah sampah kiriman dari Kota Cimahi bisa dibuang ke TPS Sarimukti setelah operasionalnya dibuka kembali.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tenaga Honorer Dihapus 2023, TKK Bandung Barat Cemas

Senin, 24 Januari 2022 | 17:47 WIB

Harga Cabai Rawit Bandung Barat Perlahan Turun

Minggu, 23 Januari 2022 | 16:45 WIB

Usia Waduk Saguling di Ujung Tanduk Ini Penyebabnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:15 WIB
X