Operasional TPA Sarimukti Dibatasi, KBB Cari Siasat Agar Sampah Tak Menggunung

- Senin, 8 November 2021 | 20:20 WIB
Operasional TPA Sarimukti Dibatasi, KBB Cari Siasat Agar Sampah Tak Menggunung (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Operasional TPA Sarimukti Dibatasi, KBB Cari Siasat Agar Sampah Tak Menggunung (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- UPT Kebersihan Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengaku siap terkait adanya perubahan jam operasional TPA Sarimukti, di Kecamatan Cipatat. 

Dengan adanya perubahan jadwal tersebut, pengangkutan sampah dari 10 kecamatan KBB akan menyesuaikan yaitu pada hari Senin-Jumat dengan waktu pengiriman pukul 08:00 WIB - 16:00 WIB. 

Kepala UPT Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB, Nurjaman mengatakan, aktivitas pembuangan rencananya dibatasi hanya sampai Jumat sedangkan Sabtu dan Minggu libur. 

Baca Juga: TPA Sarimukti Sempat Berhenti Operasi, Sampah di Kota Bandung Numpuk

Padahal biasanya pembuangan dilayani setiap hari, sehingga itu menjadi hal yang sedang disiasati oleh pihaknya agar tidak ada penumpukan sampah di masyarakat. 

"Surat edaran resminya belum ada, tapi rencana pembuangan sampah di TPA Sarimukti hanya dari pukul 08.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu libur, sudah akan dilakukan mulai pekan ini," katanya, Senin 8 November 2021

Menurutnya, mengantisipasi persoalan penumpukan sampah pihaknya mendorong agar Pemda KBB segera memiliki lahan TPA alternatif. Terlebih TPA Sarimukti akan berakhir masa beoperasinya pada 2023 mendatang. Dengan begitu, produksi sampah KBB yang mencapai 150 ton/hari bisa terakomodasi. 

Baca Juga: Pengolahan Sampah di TPA Sarimukti Bakal Ditata, Jam Operasional Dibatasi

"Kami ingin KBB segera punya TPA sendiri, jadi pelayanan sampah ke masyarakat tidak terganggu ketika ada persoalan seperti ini. Untuk kondisi sekarang, pengangkutan juga masih diatur jadwalnya karena kemarin sempat ada penumpukan," tuturnya.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X