TPA Sarimukti Sempat Berhenti Operasi, Sampah di Kota Bandung Numpuk

- Senin, 8 November 2021 | 11:56 WIB
Sampah menumpuk di Kota Bandung saat TPA Sarimukti berhenti beroperasi sementara. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Sampah menumpuk di Kota Bandung saat TPA Sarimukti berhenti beroperasi sementara. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
 
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sampah sempat terlihat menumpuk di beberapa titik, terutama di tempat pembuangan sementara di Kota Bandung.
 
Hal ini diketahui akibat tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti, di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, menghentikan sementara layanannya dari Bandung Raya, pada Jumat, 5 November 2021.
 
Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung  Dudy Prayudi mengklaim, saat ini pembuangan sampah yang sempat tersendat karena gangguan di TPA Sarimukti sudah menuju normal. 
 
 
"Sebetulnya sudah mulai dibuka lagi dan beroperasi lagi TPA Sarimukti kemarin di hari Minggu siang. Saat ini sudah menuju normal gitu truk (kendaraan sampah) yang coba kita angkut sampah-sampah yang tertahan di TPS (tempat pembuangan sampah)," ucap Dudy pada Senin, 8 November 2021. 
 
Menurut Dudy, dampak dari berhentinya TPA Sarimukti, sebanyak 57 truk sampah pada Jumat kemarin sempat menumpuk. 
 
"Pokoknya dari Jumat sampai Minggu pagi (pembuangan sampah tersendat). Kemarin ada 57 truk sih, hari Jumat kemarin," jelas Dudi. 
 
 
Menurut Dudi, pihaknya selalu rutin dan tidak pernah telat membayar ke TPA Sarimukti. "Bayar tipping fee setahun sekitar 31 miliar. Tiap bulan kita bayar, dibayar per bulan," bebernya. 
 
Lebih lanjut, Dudi mengklaim tim DLHK Kota Bandung sekarang tengah menyisir untuk mengembalikan pembuangan sampah kembali normal. 
 
"Memang ada (sampah tersendat) di beberapa tempat. Tapi hari ini oleh teman-teman disisir lagi jadi memang butuh waktu lah untuk normal," ujarnya.
 
 
Penghentian operasi TPA Sarimukti diketahui disebabkan oleh ketersediaan bahan bakar alat berat yang dipakai untuk Sanitary landfill, habis.
 
Meski begitu, TPA Sarimukti akhirnya membuka kembali layanan operasi, pada Minggu, 7 November 2021 siang setelah mendapat pasokan 8.000 liter bahan bakar dari Pertamina. 

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update Omicron Kota Bandung, 80 Kontak Erat Dites PCR

Senin, 24 Januari 2022 | 13:17 WIB

Kasus 6 Omicron Bandung Tersebar, Ini Update Terbaru

Senin, 24 Januari 2022 | 13:09 WIB

Kasus Covid Bandung Naik Dua Kali Lipat dalam 4 Hari

Senin, 24 Januari 2022 | 10:42 WIB

Dinkes Catat 3.743 Kasus DBD Bandung Sepanjang 2021

Minggu, 23 Januari 2022 | 13:45 WIB
X