Pengolahan Sampah di TPA Sarimukti Bakal Ditata, Jam Operasional Dibatasi

- Senin, 8 November 2021 | 09:42 WIB
Antrean truk sampah dari Bandung Raya masih terlihat di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Antrean truk sampah dari Bandung Raya masih terlihat di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat akan melakukan penataan pengolahan sampah di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Salah satu langkah penataan tersebut yaitu membatasi jam operasional layanan pengolahan sampah. Jika semula operasional TPA Sarimukti dimulai pukul 05.00 WIB-22.00 WIB, nantinya hanya menerima sampah pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat Prima Mayaningtyas mengatakan, perubahan jam operasional itu akan ditindaklanjuti melalui surat pemberitahuan kepada setiap kepala daerah. Diketahui, TPA Sarimukti menampung sampah dari Bandung Raya mulai dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Cimahi, dan KBB.

Baca Juga: TPA Sarimukti KBB Operasi Lagi, Dapat Kiriman Bahan Bakar 8.000 Liter dari Pertamina

Baca Juga: 450 Ton Sampah Menumpuk di TPS, TPA Sarimukti KBB Hentikan Layanan

"Karena kita dulu buka subuh sampai malem, sekarang saya juga mau bikin surat TPA hanya buka jam 8 sampai jam 4 sore. Jadi kita lebih menata lagi," kata Prima, Senin 8 November 2021. 

Penataan pengolahan sampah dan pembatasan jam operasional TPA Sarimukti bertujuan menghindari kasus kelam berulang, seperti, mobil tergelincir, longsor sampah, dan yang terbaru kehabisan bahan bakar untuk alat berat. 

"Kalau sekarang kan asal buang saja, sementara kemampuan di dalam terbatas, sehingga tidak alagi kasus asal menumpuk sampah, mobil tergelincir, dan lainnya," tambahnya. 

Baca Juga: TPA Sarimukti Hentikan Layanan, Sampah di 10 Kecamatan Bandung Barat Tak Diangkut

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X