Cerita Pelacur yang bisa Masuk Surga dalam Pentas Wayang Tavip MA Karyabakti Kertasari

- Minggu, 7 November 2021 | 19:25 WIB
Cerita pelacur yang bisa masuk surga, yang diambil dari sebuah hadis, disajikan dalam pentas Wayang Tavip oleh MA Karyabakti Kertasari. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Cerita pelacur yang bisa masuk surga, yang diambil dari sebuah hadis, disajikan dalam pentas Wayang Tavip oleh MA Karyabakti Kertasari. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

Cerita pelacur yang bisa masuk surga, yang diambil dari sebuah hadis, disajikan dalam pentas Wayang Tavip oleh MA Karyabakti Kertasari.


BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM — Setelah belajar selama lebih kurang 4 bulan, murid Madrasah Aliyah atau MA Karya Bakti, Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung sudah bisa mementaskan Wayang Tavip.

Pementasan Wayang Tavip oleh MA Karya Bakti dilakukan di Kediaman pencipta Wayang Tavip, yakni M. Tavip, di Baleendah, Kabupaten Bandung, pada Sabtu, 6 November 2021, malam.

Walaupun baru belajar, namun para siswa tersebut tidak kaku dalam memainkan wayang yang terbuat dari limbah plastik dan kertas tersebut.

Bahkan, tidak jarang penonton yang merupakan warga sekitar larut dalam cerita suguhan anak-anak Aliyah tersebut.

Kepala Sekolah MA Karya Bakti Dadan A. Hamdan mengatakan, suksesnya pagelaran wayang yang disuguhkan oleh anak-anak sekolah itu tidak terlepas dari kesungguhan mereka dalam belajar, baik membuat wayang maupun menjadi dalang dan belajar perangkat lainnya.

"Ini menjadi pembuka harapan kami, di Gunung Wayang ada sebuah padepokan wayang," ujar Dadan.

Selama ini, kata Dadan, walaupun Kecamatan Kertasari berada di sebuah gunung yang bernama Gunung Wayang, namun tidak ada padepokan wayang atau dalang.

Jadi, walaupun dalang-dalangnya berasal dari sebuah sekolah, paling tidak di Gunung Wayang bisa memiliki sebuah padepokan wayang.

"Wayang Tavip di MA Karya Bakti akan terus dijaga," katanya.

Para siswa sendiri mendapat pelatihan Wayang Tavip dari M. Tavip secara langsung. Dosen ISBI Bandung tersebut sejak Juni lalu memberikan pelatihan kepada murid Madrasah Aliyah Karya Bakti, melalui Program PKM ISBI Bandung.

"Tujuannya bertukan kreativitas, bertukar ilmu dengan pelajar," katanya.

Bahkan, kata Tavip, ISBI berencana menjadikan Kecamatan Kertasari sebagai daerah binaan, terutama dalam bidang kesenian.

Sementara itu, pengawas Padepokan Wayang Tavip yang juga Dosen ISBI Bandung, Joko Kurnaen, mengatakan, walaupun baru belajar beberapa bulan, namun dengan kesungguhan para pelajar di Madrasah Aliyah Karya Bakti bisa mementaskan sebuah pertunjukan wayang yang bagus.

"Cerita yang disuguhkan juga memiliki nilai yang bisa diambil oleh masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Wayang dari Sampah, Alat Pembelajaran Unik di Sekolah

Pagelaran Wayang Tavip yang dilakukan oleh siswa MA Karya Bakti mengangkat sebuah hadis terkait perjalanan atau cerita pelacur yang bisa masuk surga.

Dari cerita tersebut bisa diambil sebuah hikmah kalau berbuat sebuah kebaikan, bisa menjadi pintu surga.

Selain itu, tidak jarang dalang menyisipkan kearifan lokal Kecamatan Kertasari, baik itu terkait Pohon Kina maupun potensi sayuran yang menjadi mata pencaharian sebagian besar warga Kecamatan Kertasari. [*]

Baca Juga: Bisnis Truk Oleng Bikin Perajin Wayang Golek Bandung Barat 'Hidup' Lagi

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X