Satu Rumah di Arjasari Tertimpa Longsor, Masyarakat Diminta Waspada

- Jumat, 5 November 2021 | 17:54 WIB
Satu unit rumah di Kampung Cinangka, RT 04/07, Desa Wargaluyu, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, rusak parah tertimpa longsor. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Satu unit rumah di Kampung Cinangka, RT 04/07, Desa Wargaluyu, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, rusak parah tertimpa longsor. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

ARJASARI, AYOBANDUNG.COM — Satu unit rumah di Kampung Cinangka, RT 04/07, Desa Wargaluyu, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, rusak parah tertimpa longsor, pada Kamis, 4 November 2021, malam.

Kapolsek Pameungpeuk AKP Ivan Taufiq mengakatan, longsor yang terjadi di Cinangka, Wargaluyu, Arjasari tersebut terjadi kira-kira pukul 20.45 WIB.

"Hujan yang deras membuat tebing ambrol dan menimpa satu rumah milik warga," ujar Ivan, Jumat 5 November 2021.

Rumah warga tersebut mengalami kerusakan parah akibat tertimpa rumpun bambu yang terbawa longsor. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Saat kejadian di dalam rumah terdapat 7 orang penghuni. Sebanyak 6 orang di antaranya mengalami luka ringan akibat tertimpa reruntuhan.

"Sebagian hanya lecet-lecet. Korban atas nama Nana Wiharna mengalami luka pada bagian kaki dan harus mendapat jahitan. Seluruh korban setelah kejadian langsung dibawa ke Puskesmas setempat," katanya.

Baca Juga: Masuk Musim Hujan, Ini Pertolongan Pertama Mobil Terendam Banjir


Selain menimpa rumah, longsor juga membuat jalan Desa setempat sempat terputus. Namun, pada Jumat, 5 November 2021, telah dilakukan pembersihan material dan sudah kembali bisa dilalui kendaraan.

Atas kejadian tersebut, Ivan mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadi bencana hidrometeorologi, baik banjir, banjir bandang maupun longsor.

"Kami juga sudah memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan mapping daerah rawan bencana sambil sosialisasi agar meningkatkan kewaspadaan. Kami juga mengimbau agar masyarakat selalu membersihkan selokan yang berpotensi meluap dan menyebabkan banjir atau banjir bandang ketika hujan turun," tutupnya. [*]

Baca Juga: Longsor Lagi di Cianjur, Satu Rumah Rusak

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Ali Sadikin Diusulkan Jadi Nama Tol Cisumdawu

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:37 WIB

Perbedaan SPBU, Pertashop, dan Pertamini

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:59 WIB
X