Atlet-atlet Bandung Berlaga di Peparnas XIV Papua, Pemkot Kembali Janjikan Kadeudeuh

- Jumat, 5 November 2021 | 13:25 WIB
Kadeudeuh atlet Bandung yang berlaga di Peparnas XVI Papua.
Kadeudeuh atlet Bandung yang berlaga di Peparnas XVI Papua.
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pekan Paralimpiade Nasional atau Peparnas XVI Papua akan dibuka Jumat, 5 Oktober 2021. Sebanyak 30% atlet asal Kota Bandung berencana akan memperkuat Kontingen Jawa barat (Jabar) pada ajang Peparnas kali ini.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan memberikan dukungan kepada para atlet asal Kota Bandung yang memperkuat Kontingen Jabar.

“Ya mudah-mudahan atlet Kota Bandung yang masuk di Kontingen Jabar, tetap bisa meraih prestasi dan mendapatkan yang terbaik. Dan mudah-mudahan juga dengan begitu, kita (Pemkot Bandung) bisa dorong juga Kontingen Jabar bisa juara di Peparnas 2021,” ujar Yana pada Jumat, 5 Oktober 2021.

Baca Juga: 3 Link Live Streaming Hylo Open 2021 Babak 8 Besar Live di TVRI dan Vidio, Ada Dua Derby Indonesia

Selain itu, Yana juga menjelaskan bentuk dukungan Pemkot Bandung kepada para atlet Peparnas XIV Papua, sama halnya seperti pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) yang sudah terselenggara pada beberapa waktu lalu.

Yana menambahkan,  jika para atlet asal Kota Bandung yang yang berlaga di ajang Peparnas 2021 berhasil mendapatkan medali berprestasi, Pemkot Bandung akan memberikan apresiasi dalam bentuk kadeudeuh.

“Kita kan kurang lebih 30% Kontingen Jabar berasal dari Kota Bandung. Dan kekuatannya di Peparnas atlet Kota Bandung mendominasi. Dan kalau misalnya mendapat medali, mungkin kadeudeuh saya pikir wajar diberikan kepada mereka yang sudah berprestasi," kata dia.

"Tapi itu bukan bonus ya, karena ini kan PON. Tapi kalau kadeudeuh saya pikir dalam bentuk apresiasi wajar Pemerintah Kota berikan kepada mereka (atlet) yang berprestasi. Dan Kota Bandung, insyaallah karena saya pikir wajar ya kita berikan,” ungkapnya.

Baca Juga: Atlet Bandung Peraih Medali PON Diberi Uang Kadeudeuh Tahun Depan

Selain itu, pihaknya berencana akan menggabungkan pemberian kadeudeuh ini bersamaan dengan atlet PON yang berprestasi pada gelaran PON beberapa waktu lalu

“Sebetulnya bisa sekalian (dengan atlet PON), karena sekarang ini kan ada sistem di Pemerintah yang SIPD itu memang pengajuan anggaran itu harus fix ya. Nah mudah-mudahan nanti kan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) sudah selesai dikaji,” jelasnya.

Menurut Yana, kisaran untuk memberikan kadeudeuh sebagai apresiasi untuk Atlet PON berprestasi kemarin masih dikaji. Yana melanjutkan, sebanyak 106 medali berhasil disumbangkan oleh atlet asal Bandung diantaranya 34 emas, 38 perak, dan 34 perunggu.

“Dan mudah-mudahan untuk atlet Peparnas ini, nanti dikaji oleh NPCI Kota Bandung berapa besarnya. Dan mungkin bisa sekali (dengan PON). Tapi mungkin kita juga bisa dan Jawa Barat juga di tahun ini, kita ada berapa yang akan diberikan dulu. Jadi kalau di Provinsi mah setengahnya kan diberikan di tahun ini dan sisanya di tahun depan. Tapi kalau kita (Pemkot Bandung) kelihatannya engga bisa kalau setengahnya. Tapi ada lah,” tambahnya.

Baca Juga: Yana Mulyana: Atlet Bandung Peraih Medali PON Dapat Kadeudeuh, tapi ...

Yana menuturkan, besaran kadeudeuh yang nantinya akan diberikan kepada para atlet PON yang telah berprestasi sekitar Rp15 miliar.

“Kalau angkanya kemarin itu, sekitar 15 miliar, untuk yang 106 (atlet PON). Kurang lebih segitu yang saya tangkap kemarin, tapi itu masih dikaji juga, jadi belum fix,” pungkasnya.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Bandung Raih Juara Umum MTQ Jabar 2022

Minggu, 26 Juni 2022 | 13:15 WIB
X