Pemkot Bandung Akan Bongkar Bangunan Tak Berizin

- Jumat, 5 November 2021 | 10:09 WIB
Sekitar 50% dari 700.000 bangunan yang telah berdiri di Kota Bandung diduga tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).ilustrasi (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Sekitar 50% dari 700.000 bangunan yang telah berdiri di Kota Bandung diduga tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).ilustrasi (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
 
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sekitar 50% dari 700.000 bangunan yang telah berdiri di Kota Bandung diduga tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 
 
Kasie Pengukuran dan Pemetaan Distaru Kota Bandung, Deni Pathudin mengatakan terkait data bangunan yang sudah dizinkan atau yang belum diizinkan harus adanya koordinasi dahulu.
 
"Terkait data perizinan ini harus konfirmasi dulu yah. Karena itu terkait data perizinannya sendiri. Nanti kita bandingkan terhadap objek bangunan yang ada di Kota Bandung," ujar Deni pada Jum'at, 5 November 2021.
 
 
Pihaknya juga mengaku saat ini sudah mendapatkan arahan dari Sekda Kota Bandung untuk melakukan pendataan mengenai bangunan yang berizin dan tidak.
 
"Pada saat ini sesuai arahan pak sekda, kita sedang melakukan pendataan bangunan terkait yang berizin atau tidak berizin," jelasnya.
 
Deni mengungkapkan, jika ada bangunan yang kelebihan harus segera dilakukan pembongkaran. Menurutnya, hal ini harus disesuaikan dengan izin bangunan yang telah berlaku.
 
"Biasanya kita lakukan surat peringatan beberapa kali (ke pemilik bangunan tidak berizin), kalau pemohonnya tidak membongkar sendiri, ya harus Pemerintah Kota Bandung yang akan membongkar," ucap Deni.
 
 
Pihaknya mengungkapkan sudah ada beberapa bangunan yang akan dilakukan pembongkaran. Meski begitu, ketika ditanya berapa jumlahnya Deni tidak bisa memberikan angka pastinya berapa.
 
"Ada beberapa bagian sudah dilakukan oleh pemkot bandung untuk dilakukan pembongkaran yang tidak sesuai izin. Mengenai datanya, saya harus konfirmasi dulu ke bagian pengawasan," pungkasnya. 

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB

Pemusnahan Sabu 1,196 Ton Dilakukan di 2 Tempat

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:39 WIB
X