BSN dan Pemprov Jabar Genjot SNI Produk Usaha, Biaya Gratis

- Rabu, 3 November 2021 | 13:26 WIB
BSN dan Pemprov Jabar Genjot SNI Produk Usaha (Ist)
BSN dan Pemprov Jabar Genjot SNI Produk Usaha (Ist)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkolaborasi mempercepat proses penerbitan Standar Nasional Indonesia atau SNI untuk para pelaku usaha.

Kepala BSN Kukuh S Ahmad mengaku pihaknya berkolaborasi dengan Pemprov Jabar untuk melakukan pembinaan para pelaku usaha yang mendapatkan SNI untuk menjadi role model bagi pelaku usaha yang lain. 

“Harapannya di Provinsi Jawa Barat selama lima tahun ada 181 UMKM yang menjadi role model bagi yang lain,” katanya dalam acara Bulan Mutu Nasional (BMN) 2021 di Trans Luxury Hotel, Bandung, Rabu 3 November 2021.

Baca Juga: Pasar Induk Pasih Hayam Cianjur Kejar SNI

Untuk memfasilitasi para pelaku usaha mengajukan proses SNI pihaknya bahkan sudah membuka kantor layanan teknis sebagai hub atau penghubung UMKM di Jawa Barat yang memerlukan informasi dan pendampingan.

Untuk mempermudah pelaku usaha, pihaknya bersama Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI mempercepat layanan penerbitan SNI lewat daring atau online single submission (OSS).

“Mereka langsung kita berikan hak untuk menggunakan tanda SNI bina UMKM. Sampai akhir Oktober, sejak program itu diluncurkan sudah ada 7.000 pendaftar disitu sudah mempunyai hak memiliki tanda SNI bina UMKM. Tidak dikenakan biaya. Gratis, pendaftar ini banyak dari sektor pangan,” tuturnya.

Baca Juga: Pasar Cipanas Cianjur Didorong Punya SNI

Menurutnya, mereka yang sudah mengantongi SNI bina UMKM ini akan terus dibina pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 21 Januari 2022

Jumat, 21 Januari 2022 | 05:00 WIB
X