Penulis Buku Masakan dan Kue Tertua Julie Sutardjana Meninggal Dunia

- Rabu, 3 November 2021 | 13:12 WIB
Julie Sutardjana, meninggal dunia, di Rumah Sakit (RS) Halmahera Bandung pada Selasa, 2 November 2021 malam. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Julie Sutardjana, meninggal dunia, di Rumah Sakit (RS) Halmahera Bandung pada Selasa, 2 November 2021 malam. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kabar duka menimpa dunia kuliner Indonesia. Salah satu penulis buku resep masakan dan kue tertua di Indonesia, Julie Sutardjana, meninggal dunia, di Rumah Sakit (RS) Halmahera Bandung pada Selasa, 2 November 2021 malam.

Julie Sutardjana meninggal dunia di usia 99 tahun. Ia merupakan pemilik dari restoran yang bernama Kedai Nyonya Rumah.

Salah satu menantu dan juga Operasional Kedai Nyonya Rumah, Lina Halim (55) mengatakan Julie Sutardjana sempat mengalami jatuh pada dua pekan yang lalu. Dengan itu, kata dia, ada tulang rusuk yang patah sehingga di rawat di RS.

Baca Juga: Gejala Gagal Jantung di Usia Muda, Waspadai Jenis Batuk Ini!

"Setelah jatuh ada gangguan lain, yakni strok ringan sebelah kiri. Kaki dan tangan kirinya gak bisa gerak. Sebenarnya keadaan beliau pada tiga hari sebelum meninggal sudah membaik. Artinya menunjukan respons yang baik," ujar Lina Halim saat ditemui di Rumah Duka RS Borromeus pada Rabu, 3 November 2021.

Lina menjelaskan penyebab Julie Sutardjana meninggal karena strok yang dialaminya. Ia menambahkan dengan strok tersebut menyebabkan psikis mendiang Yulie menjadi drop.

"Kalau tulang sudah selesai, sudah ditangani dengan baik oleh dokter ahli tulang. Mungkin sedikit dari stroknya itu, kata dokter dari segi psikis yang drop," katanya.

Baca Juga: Gejala Stroke atau Serangan Otak Mendadak di Usia Muda, Kenali Tandanya!

"Karena selama ini meskipun sebelum ibu (Julie) jatuh, sudah tidak pernah ke restoran apalagi karena Covid-19. Tapi tetap beliau ikut bantu dalam mengecek produk yang ada di Kedai Nyonya Rumah," tambahnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X