Tangkal Gelombang Ketiga Covid-19, KBB Gencar Vaksinasi

- Selasa, 2 November 2021 | 18:29 WIB
Pemerintah KBB terus menggencarkan program vaksinasi sebagai upaya menangkal potensi hadirnya gelombang ketiga. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Pemerintah KBB terus menggencarkan program vaksinasi sebagai upaya menangkal potensi hadirnya gelombang ketiga. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus menggencarkan program vaksinasi sebagai upaya menangkal potensi hadirnya gelombang ketiga yang diprediksi terjadi usai libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. 

Sebelumnya, Pemerintah Pusat juga telah menghapus cuti Nataru 2021 sebagai langkah menekan mobilitas warga dan mencegah potensi gelombang ketiga Covid-19

Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat Asep Sodikin mengatakan saat ini vaksinasi untuk masyarakat umum serta remaja baru mencapai 68,06 persen untuk dosis 1 dan 37,30 persen untuk dosis 2.

Sementara untuk kategori lansia cakupan vaksinasi dosis 1 baru mencapai 45,93 persen dan dosis 2 baru mencapai 19,56 persen. 

"Antisipasi Natal dan Tahun Baru itu berkaitan dengan target vaksinasi kita. Kalau umum bisa 70 persen dan lansia bisa 60 persen kita bisa masuk PPKM level 1. Jadi minimal pencegahan bisa dari masing-masing masyarakat dulu," ungkap Asep kepada wartawan, Selasa, 2 November 2021. 

Dengan tingginya cakupan vaksinasi Covid-19 di Bandung Barat, masyarakat bisa melaksanakan aktivitas tanpa pembatasan yang terlalu ketat, namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. 

"Walaupun semua sudah divaksinasi, tapi kan tetap prokes harus diterapkan. Hanya memang aktivitas bisa dilaksanakan tanpa pembatasan terlalu ketat dan mudah-mudahan bisa segera masuk ke (PPKM) level 1," terang Asep.

Baca Juga: BPOM: Anak 6-11 Tahun Sudah Bisa Terima Vaksinasi Covid-19

Ia mengatakan gelombang ketiga Covid-19 bisa timbul karena mobilisasi masyarakat yang meningkat namun tidak disiplin menerapkan prokes. Terutama ke objek wisata yang tersebar di sejumlah daerah di Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X