Bandung Raya Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem: Banjir Bandang Jadi Dampak Serius

- Senin, 1 November 2021 | 16:42 WIB
Ilustrasi banjir di Bandung Raya. Bandung Raya diprediksi akan mengalami cuaca ekstrim, dengan banjir bandang akan jadi salah satu dampak yang serius. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi banjir di Bandung Raya. Bandung Raya diprediksi akan mengalami cuaca ekstrim, dengan banjir bandang akan jadi salah satu dampak yang serius. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Bandung Raya diprediksi akan mengalami cuaca ekstrim, dengan banjir bandang akan jadi salah satu dampak yang serius.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi Bandung Raya akan mengalami cuaca ekstrem, setidaknya dalam sepekan pertama November 2021.

Kepala Stasiun BMKG Bandung, Teguh Rahayu menjelaskan, cuaca ekstrem tersebut diindikasikan oleh peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Bandung Raya.
 
"Adanya Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin yang aktif juga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan, termasuk wilayah Jawa Barat dan Bandung Raya," kata Teguh kepada Ayobandung.com, Senin, 1 November 2021.
 
Teguh melanjutkan, prakiraan cuaca ekstrem ini akan mengakibatkan dampak yang serius seperti Banjir Bandang.
 
Berlaku per 2 November 2021, kata Teguh, terdapat sejumlah wilayah di Bandung Raya yang berpotensi dampak dari cuaca ekstrim dengan status waspada, antara lain:
 
• Kabupaten Bandung: Pacet, Arjasari, Ciparay, Majalaya, Solokan Jeruk, Baleendah, Bojongsoang, Rancaekek, Cileunyi, Cimenyan, Dayeuhkolot, Margahayu, Katapang, Pameungpeuk, Banjaran, Pangalengan, Kertasari
 
• Kota Bandung : Gedebage, Rancasari, Buahbatu, Arcamanik, Cinambo, Panyileukan, Cibiru, Ujung Berung, Mandalajati, Antapani, Bojongloa Kaler, Babakan Ciparay, Andir, Cicendo, Astanaanyar, Regol, Sumur Bandung, Lengkong, Bandung Wetan, Coblong, Cibeunying Kaler, Cibeunying Kidul, Kiaracondong, Batununggal, Bandung Kidul, Bojongloa Kidul
 
Sebelumnya, Kabid Pemeliharaan pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung Yul Zulkarnaen mengatakan, setidaknya ada 10 titik rawan banjir di Kota Bandung.
 
10 titik tersebut tersebar di beberapa wilayah di Kota Bandung.
 

10 lokasi sering banjir di Bandung

- Cibaduyut Batas Kota

- Kopo Citarip (13 kejadian)

- Terusan Pasir Koja 10 kejadian

- Simpang Gedebage 6 kejadian

- Pasar Induk gedebage 4 kejadian

- Jalan Rumah Sakit 4 kejadian

- Margacinta depan Komplek Bunga Bakung 4 Kejadian

- AH Nasution depan Pom Bensin Cikadut 4

- Rancbolang Margacinta 3

- Depan Apotek Jaya 3 Kejadian
 
Jadi, hati-hati untuk seluruh wargi Bandung Raya. Jaga selalu kesehatan dan pantau selalu kondisi lingkungan.
 
Pasalnya, Bandung Raya diprediksi akan mengalami cuaca ekstrim, dengan banjir bandang akan jadi salah satu dampak yang serius. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Segini Tarif Tol Cisumdawu Setelah Gratis Dua Pekan

Selasa, 25 Januari 2022 | 13:44 WIB

Update Omicron Kota Bandung, 80 Kontak Erat Dites PCR

Senin, 24 Januari 2022 | 13:17 WIB

Kasus 6 Omicron Bandung Tersebar, Ini Update Terbaru

Senin, 24 Januari 2022 | 13:09 WIB
X