Rugikan Negara Rp50 Miliar, Kepala Desa Cikole Lembang Diberhentikan Sementara

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 18:53 WIB
Ilustrasi berjabat tangan saat kesepakatan korupsi; Kepala Desa Cikole berinisial JR ditetapkan tersangka kasus penghapusan aset tanah milik desa seluas 8 hektare di daerah Cikole, KBB. (Pixabay/Reimund Bertrams)
Ilustrasi berjabat tangan saat kesepakatan korupsi; Kepala Desa Cikole berinisial JR ditetapkan tersangka kasus penghapusan aset tanah milik desa seluas 8 hektare di daerah Cikole, KBB. (Pixabay/Reimund Bertrams)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Desa Cikole Lembang berinisial JR ditetapkan tersangka kasus penghapusan aset tanah milik desa seluas 8 hektare di daerah Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Akibat kasus dugaan korupsi yang merugikan negara sekitarRp50 miliar tersebut, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) memberhentikan JR untuk sementara.

Selain JR, Polda Jabar juga menetapkan tersangka mantan Kepala Desa Cibogo berinisial MS dalam kasus yang sama.

Baca Juga: Link Download Aplikasi Edit Foto Pengantin yang Viral di TikTok, Gratis!

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, secara aturan hukum kepala desa yang sudah ditetapkan sebagai tersangka itu harus diberhentikan sampai proses persidangan dan sebagainya selesai.

"Kalau nantinya tidak bersalah, yang bersangkutan ya tentu harus lihat mekanismenya seperti apa. Tapi pesen saya dalam menentukan kebijakan harus betul-betul melihat aturan yang berlaku," ujarnya saat ditemui di Cisarua, Jumat 29 Oktober 2021.

Untuk sementara pihaknya sudah memberhentikan sementara kepala desa tersebut karena ketika yang bersangkutan mengalihkan aset desa, kemudian JR mencabutnya maka dia harus tetap diproses hukum.

"Tidak bisa selesai begitu saja, dan itu sudah di luar ranah pemerintah daerah. Nanti pembuktiannya di proses persidangan," kata Hengky.

Dengan adanya kasus ini, pihaknya mengingatkan agar semua kepala desa di Bandung Barat harus berhati-hati dalam mengambil kebijakan karena sanksinya jika sudah ada status hukum dan ditetapkan sebagai tersangka, maka harus diberhentikan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usia Waduk Saguling di Ujung Tanduk Ini Penyebabnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:15 WIB

Gaji ASN Bandung Barat Diprediksi Cair Pekan Ini

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:38 WIB
X