Ratusan Pohon Tumbang dan Patah di Kota Bandung Selama Tahun 2021

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 10:32 WIB
Pohon tumbang di dekat Hotel Karang Setra, Jalan Bungur No. 2, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Gelar Aldi)
Pohon tumbang di dekat Hotel Karang Setra, Jalan Bungur No. 2, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Gelar Aldi)
BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM — Selama periode Januari hingga September 2021, terjadi 94 pohon tumbang dan 87 pohon patah di Kota Bandung.
 
Data itu berdasarkan pada catatan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung.
 
Kasubag TU UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung, Mustopa mengatakan tumbangnya pohon disebabkan oleh faktor alam.

Kemudian Mustopa mengaku banyak masyarakat salah mengartikan pohon tumbang.

“Ya mungkin masyarakat menyebutnya pohon tumbang, tapi yang namanya pohon tumbang itu dari bawah, kalau patah dahan tidak tumbang ya kami jelaskan saja,” ungkap Mustopa pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Mustopa pun mengaku dengan jajarannya terus melakukan antisipasi terjadinya pohon tumbang yang dapat membahayakan bagi masyarakat.

“Kita terus melakukan antisipasi di seluruh wilayah Kota Bandung. Tiap hari kita melakukan pemeliharaan pohon,” ujarnya.

Mustopa menjelaskan ada sejumlah kendala dalam pemeliharaan pohon. Seperti dari luar, terlihat batang bagus, daun subur, tetapi malah tumbang.

“Nah, itu yang tidak bisa dites oleh kita, ternyata akarnya udah keropos. Kalau secara kasat mata pohon yang busuk, pohon yang kering langsung kita atasi,” tambahnya.

Lanjut Mustopa, beberapa pekan lalu sempat terjadi pohon tumbang dan menghantam mobil yang tengah parkir.
 
 
Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk melapor jika dirugikan karena terdampak pohon tumbang.

“Terkait masyarakat yang dirugikan karena adanya pohon tumbang, silahkan aja bersurat ke kantor kami dengan membuat laporan kepada pihak yang berwajib di sana atau kelurahan. Nanti saya akan sampaikan ke bagian asuransi, nanti dikasihkan nomor kontak asuransinya,” tutupnya. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 6 Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung dan Aturan Lengkapnya

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:00 WIB
X