Kisah Pandai Besi Legendaris di Bandung Barat: Para Jago Bikin Golok yang Berguru di Ciwidey

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 14:22 WIB
Kisah pandai besi yang legendaris di Bandung Barat disebut berakar dari para perajin di Ciwidey yang sudah terkenal jago bikin golok. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Kisah pandai besi yang legendaris di Bandung Barat disebut berakar dari para perajin di Ciwidey yang sudah terkenal jago bikin golok. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

Kisah pandai besi yang legendaris di Cijambu, Kabupaten Bandung Barat, disebut berakar dari para perajin di Ciwidey yang sudah terkenal jago bikin golok.

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Dedi (52), mencabut sebuah golok dari sarung kayu bermotif garis hitam, Kamis 28 Oktober 2021.

Seluruh permukaannya terlihat mengkilap sehingga mengakibatkan cahaya memantul saat senjata itu dibolak-balikkan. 

Pria asal Kampung Cipari Girang, RT 03 RW 02, Desa Cijambu, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu tidak sedang berlaga jadi seorang pendekar. Ia ingin memastikan golok yang dipegangnya benar-benar telah siap dijual. 

Sebagai seorang pandai besi, memeriksa perkakas sebelum dipasarkan adalah hal wajib yang mesti dilakukan. Supaya produk buatannya tak mengecewakan pelanggan. 

"Golok ini 100 persen sudah siap dijual. Permukaannya sudah mengkilap, sarungnya sudah siap, pegangannya juga juga sudah halus," papar Dedi saat ditemui. 

Di Cijambu, Dedi tak sendiri. Ada sekitar 40 kepala keluarga dari 4 RT yang juga bergelut jadi pandai besi membuat golok, pisau, parang, dan perkakas lainnya.

Akitivitas mayoritas warga ini tak pelak menjadikan kawasan ini salah satu sentra terbesar pembuat golok di Bandung Barat

Hasil kerajinan pandai besi dari pengrajin asal Cijambu bahkan sudah tersohor ke berbagai daerah di Indonsia. Dari mulai Pulau Jawa hingga Sumatera.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X