MUI Berharap Program Insentif Guru Ngaji Bisa Tekan Pernikahan Dini

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:24 WIB
[Mawar sebagai simbol cinta dan pernikahan] Insentif guru ngaji di Kabupaten Bandung diharapkan MUI bisa berkontribusi dalam menekan pernikahan dini dengan cara turut melakukan sosial. (Pixabay/anncapictures)
[Mawar sebagai simbol cinta dan pernikahan] Insentif guru ngaji di Kabupaten Bandung diharapkan MUI bisa berkontribusi dalam menekan pernikahan dini dengan cara turut melakukan sosial. (Pixabay/anncapictures)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bandung berharap adanya insentif guru ngaji bisa berkontribusi dalam menekan pernikahan dini dengan cara turut melakukan sosialisasi kepada siswa.

Kabid Inkominfo MUI Kabupaten Bandung, Aam Muamar, mengatakan adanya program insentif guru ngaji yang mana salah satu syaratnya penerima manfaat harus melakukan pendidikan keagamaan di sekolah, menjadi salah satu angin segar untuk menekan angka pernikahan dini.

"Kami bersyukur ada program sekolah mengaji. Ada peluang juga untuk guru ngaji memberi tahu soal risiko pernikahan dini dan pergaulan bebas,"ujar Aam, Rabu 27 Oktober 2021.

Baca Juga: HP Murah RAM Besar hingga 11 GB, Segini Harga Oppo A56 5G

Meskipun kewajiban guru ngaji dalam program insentif guru ngaji tersebut khusus pembelajaran baca tulis alquran, namun tidak ada salahnya jika disela-sela pembelajaran guru ngaji juga menyisipkan pemahaman pernikahan bagi siswa.

Salah satunya adalah mengenai dampak negatif dari pernikahan dini sesuai dengan jaran islam.

"Nah kalau program guru mengaji ini kan karena sifatnya di luar jam pembelajaran, maka guru cukup luang mengatur waktu. Di luar kegiatan baca tulis Al-Qur'an, ini bisa juga diisi dengan nasihat tausyiah yang berkaitan dengan persoalan sosial terutama juga hubungannya dnegan anak anak termasuk bahaya pernikahan dini dan pergaulan bebas," ujarnya.

Dengan memberikan tausiyah tersebut, diharapkan anak lebih paham dan menghindari keinginan untuk menikah sebelum waktunya. Termasuk menghindari pergaulan bebas.

Baca Juga: 23 Daftar Harga HP Samsung dan Spesifikasinya, Murah dan Terbaik 2021

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemadaman Listrik Bandung Hari Ini 7 Desember 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 08:00 WIB

DBHCHT Kabupaten Bandung Memiliki Nilai Manfaat

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:46 WIB
X