Jika Berdampak Negatif, Pernikahan Dini Haram

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:18 WIB
ilustrasi -- pernikahan; Pernikahan dini menjadi salah satu permasalahan di Kabupaten Bandung. 3 tahun terakhir, jumlah pernikahan dini mengalami peningkatan. (Pexels.com)
ilustrasi -- pernikahan; Pernikahan dini menjadi salah satu permasalahan di Kabupaten Bandung. 3 tahun terakhir, jumlah pernikahan dini mengalami peningkatan. (Pexels.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- pernikahan dini menjadi salah satu permasalahan di Kabupaten Bandung. Dalam tiga tahun terakhir, jumlah pernikahan dini mengalami peningkatan. Padahal, banyak dampak negatif dari pernikahan dini atau di bawah usia 19 tahun tersebut, bahkan MUI telah mengeluarkan fatwa haram.

Kabid Inkominfo MUI Kabupaten Bandung, Aam Muamar, mengatakan meskipun pernikahan merupakan hal yang lumrah dan sah secara hukum agama bagi orang yang telah akil balig. Namun jika pernikahan dini bisa menimbulkan dampak negatif, maka pernikahan  dini tersebut menjadi haram.

"Dari sisi hukum, sejak 2009 MUI telah mengeluarkan fatwa haram apabila pernikahan dini berdampak negatif bagi anak, keluarga atau lebih luas dari itu," ujar Aam, Rabu 27 Oktober 2021.

Baca Juga: HP Murah RAM Besar hingga 11 GB, Segini Harga Oppo A56 5G

Akil balig menurut agama Islam adalah ketika anak telah mimpi basah bagi laki-laki dan telah menstruasi bagi perempuan. Dalam konteks ini, seseorang disebut telah akil balig biasanya berusia 15 tahun.

Namun kata Aam, dalam konteks hari ini, seiring dengan meningkatanya profesionalitas, komptetensi anak, apabila anak telah menikah di bawah usia yang ditetapkan memiliki dampak negatif yang besar.

Hal tersebut menjadi dasar bagi MUI mengeluarkan fatwa haram terhadap pernikahan dini yang memiliki dampak negatif.

"Ini sesuai dnegan kaidah Ushul fiqih, mencegah terjadinya kemudaratan itu jauh atau harus lebih diutamakan ketimbang mengharapkan kebaikan," paparnya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi HP Murah 1 Jutaan Terbaru 2021, Semua Spek Dewa!

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemadaman Listrik Bandung Hari Ini 7 Desember 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 08:00 WIB

DBHCHT Kabupaten Bandung Memiliki Nilai Manfaat

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:46 WIB
X