Seniman Cimahi Berharap Pemerintah Izinkan Gelar Konser

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:05 WIB
[Ilustrasi konser Musik] Seniman di Kota Cimahi berharap pemerintah memberi izin konser sekala besar bisa dihelat kembali seiring wilayah ini menerapkan PPKM Level 2. (Pixabay/Okan Caliskan)
[Ilustrasi konser Musik] Seniman di Kota Cimahi berharap pemerintah memberi izin konser sekala besar bisa dihelat kembali seiring wilayah ini menerapkan PPKM Level 2. (Pixabay/Okan Caliskan)

 

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Seniman di Kota Cimahi berharap pemerintah memberi izin konser sekala besar bisa dihelat kembali seiring wilayah ini menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. 

Ketua Komite Musik Dewan Kebudayaan Kota Cimahi, Attha Bahri mengatakan, para pelaku seni musik sabgat berharap pemerintah memberikan lampu hijau untuk kegiatan konser musik. 

"Iya pengennya diizinkan lagi untuk acara konser. Soalnya untuk pelaku seni, khususnya musik sama sekali selama pandemi Covid-19," kata Attha, Rabu 26 Oktober 2021. 

Dirinya mengungkapkan, gelaran konser sendiri akan sangat membantu pemilihan ekonomi bagi pelaku seni musik di Kota Cimahi. Sebab, selama pandemi Covid-19 ini mereka tidak mendapat pemasukan dari kegiatan tersebut. 

Sebelum pandemi mewabah, terang Attha, dalam setahun biasanya para pelaku seni musik seperti band hingga penyanyi solo bisa manggung puluhan kali dalam setahun. Namun berkarya dan mencari uang dari panggung ke panggung tak mereka lakukan sejak 2020.

"Kita kalau musik stop. Paling acara virtual satu atau dua itu juga hanya untuk produk. Tapi kalau manggung itu sama sekali enggak ada," ungkap Attha. 

Untuk kebutuhan hidup, lanjut dia, ada berbagai cara yang dilakukan para pegiat musik. Untuk penyanyi atau ada yang lari ke berbagai bidang usaha. "Ada juga yang larinya ke ojek online, jualan dan sebagainya," ucapnya. 

Dikatakannya, untuk saat ini memang pelaku seni musik mulai menggeliat kembali namun hanya untuk skala kecil. Seperti acara di kafe-kafe dan acara pernikahan. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X