Pengunjung Taman Alun-Alun Kota Bandung Membludak Tak Terkendali, Begini Langkah Pemkot

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:01 WIB
Pengunjung Taman Alun-Alun Kota Bandung membludak tak terkendali saat pembukaan, Senin 25 Oktober 2021. Alhasil, tempat wisata itu ditutup. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Pengunjung Taman Alun-Alun Kota Bandung membludak tak terkendali saat pembukaan, Senin 25 Oktober 2021. Alhasil, tempat wisata itu ditutup. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pengunjung Taman Alun-Alun Kota Bandung membludak tak terkendali saat pembukaan, Senin 25 Oktober 2021.
 
Akibatnya, Taman Alun-Alun Bandung ditutup sementara sambil menunggu pemasangan aplikasi PeduliLindungi.
 
Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan pihaknya terus berkomunikasi dengan Satgas Covid-19 untuk terus melakukan pengawasan terhadap pembukaan taman di 29 taman tematik Kota Bandung.
 
"Ya saya selalu sampaikan kepada teman-teman di Satgas, bahwa kan mungkin sudah terlalu lama mereka tidak ada (hiburan), begitu ada langsung ramai. Tugas kita tetap kita memperhatikan dari segala aspek pengawasannya terus tingkatkan," ujar Oded saat ditemui di Kantor Dinas Perpustakaan Kota Bandung, pada hari Selasa, 26 Oktober 2021.
 
Pria yang kerap disapa Mang Oded tersebut menuturkan bahwa 29 taman yang ada di Kota Bandung harus terintegrasi aplikasi PeduliLindungi.
 
Menurut Oded, hal ini akan memberikan kenyamanan pagi para pengunjung yang datang.
 
"Ya itu juga salah satu yang harus kita penuhi karena PeduliLindungi. Karena di satu sisi kita ingin memperbanyak relaksasi semua tempat-tempat sosial masyarakat, tapi di sisi lain kita kan punya kehati-hatian," katanya.
 
Pihaknya pun mengimbau untuk warga Kota Bandung supaya jangan lengah. Karena relaksasi tersebut dilakukan tidak hanya pada taman, namun bisa semuanya.
 
"Alhamdulillah kita sekarang pelan-pelan mudah-mudahan ke depan termasuk taman juga sedang diupayakan untuk relaksasi. Tapi saya meminta menjaga ke warga Kota Bandung tetep jangan lengah, bukan hanya taman, tapi buka akan normal semuanya," jelasnya.
 
 
Sebelumnya, Sejumlah akses pintu masuk Taman Alun-Alun kembali ditutup sementara oleh Satpol PP dan DPKP3 Kota Bandung.
 
Kabid Pertamanan DPKP3 Kota Bandung, Rikke Siti Fatimah menjelaskan, uji coba pembukaan Alun-Alun Kota Bandung di hari pertama masih perlu evaluasi. Pasalnya, pengunjung yang mengunjungi alun-alun membludak. 
 
"Alun-alun sendiri sebetulnya hari ini kita udah uji coba dibuka untuk umum, tapi ternyata hasil evaluasi kami hari ini, karena masyarakat kunjungan untuk alun-alun itu membludak, animonya sangat tinggi. Sehingga banyak yang kurang disiplin masyarakatnya pada saat melaksanakan aktivitas di Alun-Alun Bandung," ujar Rikke, saat ditemui di Lokasi Taman Alun-alun, Senin, 25 Oktober 2021.
 
Dengan membludaknya masyarakat yang mengunjungi Taman Alun-Alun, Rikke mengungkapkan Satpol PP pun sempat kewalahan menangani masyarakat. Dengan itu, kata dia, saat ini dilakukan penutupan sementara.
 
"Tapi tadi begitu membludak, supaya tidak terjadi lagi peningkatan Covid-19 di Kota Bandung karena sudah masuk (PPKM) level 2, akhirnya kami tutup dulu untuk persiapan penutupan beberapa akses. Sehingga aksesnya hanya dari satu pintu saja yang depan Pendopo," jelas Rikke.
 
Pihaknya menegaskan dengan adanya penutupan ini akan secepatnya untuk kembali membuka Taman Alun-Alun Kota Bandung.
 
"Sesiapnya yah, kita usahakan. Malam ini juga kita mulai menutup. Mudah mudahan lebih cepat lebih baik," pungkasnya. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resmi! Kota Bandung Larang Perayaan Tahun Baru

Jumat, 3 Desember 2021 | 16:52 WIB

Angka Pengangguran Kota Bandung Bertambah 3%

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:50 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung Ditambah, Catat Titiknya!

Kamis, 2 Desember 2021 | 13:02 WIB

Pedagang Kaki Lima: Dapat Durian Runtuh di Demo Buruh

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:57 WIB

9.000 ODHA Belum Terdata Dinkes Kota Bandung

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:41 WIB
X