Teras Cihampelas Bandung: Sudah Reaktivasi, Sepi, Lalu Reaktivasi Lagi

- Senin, 25 Oktober 2021 | 09:26 WIB
Teras Cihampelas mati suri. (Ayobandung.com/Fuad Mutashim)
Teras Cihampelas mati suri. (Ayobandung.com/Fuad Mutashim)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Teras Cihampelas kembali direaktivasi pada November 2021. Padahal reaktivasi juga pernah dilakukan pada Mei lalu setelah kawasan wisata kuliner itu mati suri dalam waktu yang cukup lama.
 
Pemkot Bandung berdalih, reaktivasi kali ini merupakan reaktivasi tahap II. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) Atet Dendi Hendiman menerangkan, langkah awal yang dilakukan adalah pembersihan.
 
"Jumat kemarin kita sudah persiapan reaktivasi kedua, PKL (pedagang kaki lima), unsur kecamatan, unsur Dinas KUKM itu mulai membersihkan lagi," terang Atet, Minggu, 24 Oktober 2021. 
 
Baca Juga: Teras Cihampelas Terbengkalai, Pemkot Bandung Berikan Tanggapan

Dalam reaktivasi Teras Cihampelas yang kedua ini, Atet mengaku menggandeng Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) serta Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar).

"Karena setelah kita amati, bahwa Teras Cihampelas itu tidak hanya bisa diangkat oleh pedagangnya saja, dipromosikan. Tapi harus ada atraksi di situ," ujarnya.
 
Kepala Dinas KUKM Atet Dendi Hendiman. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)


Dengan adanya atraksi di Teras Cihampelas, Atet berharap hal tersebut menjadi magnet yang menarik masyarakat untuk berkunjung.

"Sekarang sudah memformulasikan dengan teman-teman dinas lain seperti apa atraksi apa yang tidak mengabaikan prokes (protokol kesehatan)," ujarnya.

Atet mengatakan, setelah dilakukan pembersihan di area Teras Cihampelas, para PKL sudah mulai kembali berdagang.

"Kemarin itu sudah beroperasi 20 PKL ditambah dengan beberapa PKL yang produknya itu sudah memiliki daya saing. Yang khas itu ada es pelangi," papar Atet.

Mengenai PKL yang masih ngotot dagang di bawah Teras Cihampelas, Atet menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol PP untuk segera menertibkan.

"Itu sudah terlaporkan oleh Satgassus PKL yaitu Pak Wakil (Yana Mulyana) untuk memberikan tugas kepada Satpol PP khususnya karena itukan penertiban jadinya dibantu oleh dinas yang ada di Satgassus untuk mengatasi masalah tersebut sehingga tidak terjadi sirik-sirikan," katanya.
 
 
Teras Cihampelas Terbengkalai

Kondisi Teras Cihampelas kembali memprihatinkan. Kios-kios terlihat tutup, fasilitasa yang ada juga tak terawat.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, kaca yang ada di toilet Teras Cihampelas banyak yang pecah. Keramik banyak yang hancur sehingga ditumbuhi rumput liar.

Beberapa pedagang saat ini banyak yang memilih berjualan di bawah Teras Cihampelas. Area utama Teras Cihampelas justru tidak menjadi pilihan karena sepi.

Teras Cihampelas mati suri. (Ayobandung.com/Fuad Mutashim)


Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebutkan, kawasan yang terbengkalai ini akan masuk dalam reaktivasi tahap dua. Ia juga mengimbau pedagang untuk tidak berjualan di area bawah.

"Tapi kan di bawah juga gak ada. Sok we (silakan saja) kalau mau dagang di bawah, nanti saya angkut semua. Cuma karena kemarin kita gak boleh ada aktivitas ekonomi, karena sekarang kan udah level 2 kan insyaallah (diaktifkan)," ucap Yana.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ratusan Sekolah di Bandung Siap Gelar PTMT Gelombang 3

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:11 WIB

SEJARAH PERSIB HARI INI: Persib Putri Lolos ke Final

Selasa, 7 Desember 2021 | 08:55 WIB

Update Covid Bandung Hari Ini, Tersisa 43 Kasus

Selasa, 7 Desember 2021 | 07:00 WIB

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB
X