DPD PKS: Usulan Kenaikan Tunjangan Anggota DPRD Kabupaten Bandung Jangan Digembar-gemborkan!

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 15:46 WIB
[Ilustrasi Anggaran Tunjangan] DPD PKS Kabupaten Bandung meminta agar permasalahan usulan kenaikan tunjangan Anggota DPRD tidak terlalu digembar-gemborkan. (Pixabay)
[Ilustrasi Anggaran Tunjangan] DPD PKS Kabupaten Bandung meminta agar permasalahan usulan kenaikan tunjangan Anggota DPRD tidak terlalu digembar-gemborkan. (Pixabay)

CIWIDEY, AYOBANDUNG.COM — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bandung meminta agar permasalahan usulan kenaikan tunjangan Anggota DPRD tidak terlalu digembar-gemborkan.

Ketua DPD PKS Kabupaten Bandung Gun Gun Gunawan mengatakan, saat ini rencana kenaikan tunjangan anggota DPRD Kabupaten Bandung masih baru usulan dan belum menjadi ketetapan.

Jadi, menurut Gun Gun Gunawan, pembahasan harus dilakukan secara internal terlebih dahulu.

"Tentunya dibahas internal antara eksekutuf dan legislatif. Tidak harus digembar-gemborkan lah," ujar Gun Gun saat Launching Sekolah Tani DPW PKS Jawa Barat di Ciwidey, pada hari Minggu, 24 Oktober 2021.

Dalam konteks usulan kenaikan tunjangan anggota DPRD Kabupaten Bandung, kata Gun Gun, pihaknya tidak dalam kondisi mendukung atau menolak. Namun lebih menekankan kepada kemampuan anggaran juga regulasi yang ada.

"Kalau regulasinya memungkinkan (untuk kenaikan tunjangan anggota DPRD), itu sudah sesuai dengan regulasi politik yang wajar di pemerintahan. Lihat juga kemampuan anggarannya. Kalau regulasinya tidak memungkinkan, tentu PKS akan menolak," ujarnya.

Pun ketika disinggung mengenai besaran usulan kenaikan tunjangan anggota DPRD Kabupaten Bandung untuk perumahan yang mencapai Rp 50 juta/bulan. Gun Gun lebih menyoroti ketersediaan anggaran yang ada di Kabupaten Bandung.

"(Tunjangan perumahan Rp50juta/bulan) Bukan masalah rasional dan tidak rasional. Lihat saja tepat atau tidak secara aturan. Kalau menurut Mendagri Rp50 juta/bulan itu tepat, tinggal dibicarakan uangnya ada atau tidak," katanya.

Baca Juga: Teras Cihampelas Terbengkalai, Pemkot Bandung Berikan Tanggapan

Namun, kata Gun Gun, ketimbang fokus pada usulan tunjangan anggota DPRD Kabupaten Bandung, yang terpenting saat ini adalah melakukan penanganan Covid-19.

Terlebih sejumlah OPD selalu mengeluhkan jika banyak anggaran terkena refocusing untuk penanganan Covid-19.

Meski situasinya dinilai tidak kondusif oleh Gun Gun, pada kenyataannya, anggota DPRD Kabupaten Bandung saat ini tengah mengajukan usulan kenaikan tunjangan, baik untuk sewa kendaraan, termasuk sewa perumahan yang nilainya mencapai Rp50 juta/bulan. [*]

Baca Juga: Siswa PTMT Terpapar Covid-19 Terus Bertambah, Forum Orang Tua Siswa Desak Hal Ini

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Ali Sadikin Diusulkan Jadi Nama Tol Cisumdawu

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:37 WIB
X