Waspada, Ini Daerah Rawan Pohon Tumbang di Bandung

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 17:56 WIB
Hujan deras disertai angin kencang terjadi di Kota Bandung pada Kamis, 21 Oktober 2021 sejak sore hari menyebabkan pohon tumbang. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Hujan deras disertai angin kencang terjadi di Kota Bandung pada Kamis, 21 Oktober 2021 sejak sore hari menyebabkan pohon tumbang. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung mencatat, ada 165 insiden pohon tumbang dan patah dahan hingga di sepanjang 2021. Sedangkan pada 2020 terdapat 229 kejadian pohon tumbang dan patah dahan.

"Sepanjang tahun 2021 telah terjadi bencana pohon tumbang dan patah dahan total sebanyak 165 pohon di antaranya tumbang pohon 83 pohon, patah dahan 82 pohon," ujar Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon (DPKP3) Kota Bandung, Roslina saat dihubungi Republika, Jumat, 22 Oktober 2021.

Ia mengatakan, berdasarkan jenis pohon, pohon yang banyak tumbang yaitu pohon mahoni 15%, pohon kersen 8, 5%, pohon ganitri 5%. Selanjutnya pohon trembesi, acret, mahoni badot, dan angsana.

Baca Juga: Mistis Kuntilanak hingga Sesajen Pohon Tumbang di Jalan Tamansari Kota Bandung

"Berdasarkan wilayah kejadian, pohon tumbang sekitar 10% terjadi di wilayah kecamatan Coblong, Cicendo, Sumur Bandung, dan Lengkong," katanya.

Roslina memastikan DPKP3 terus memantau kondisi pohon-pohon di Kota Bandung. Ia mengatakan mayoritas pohon yang rawan tumbang berada di lokasi yang terganggu trotoar, pohon yang tinggi untuk dilaksanakan pemangkasan, dan sepanjang protokol pohon rimbun.

Baca Juga: Pohon Bertumbangan di Kota Bandung, Timpa Mobil Akibat Hujan Deras Disertai Angin Kencang 

"Semua kita pantau, biasanya lokasi-lokasinya sudah terganggu karena trotoar, pohon-pohon yang tinggi untuk dilaksanakan pemangkasan dan sepanjang jalan protokol dengan pohon yang terlalu rimbun seperti Jalan Soekarno Hatta," katanya.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Bandung, Kamis, 21 Oktober 2021, sore menyebabkan sejumlah pohon tumbang di beberapa titik. Terdapat kendaraan milik warga yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang dan sempat menutupi jalan bagi para pengendara.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PSI Walk Out Saat Rapat RAPBD, Ini Tanggapan Oded

Senin, 29 November 2021 | 16:03 WIB
X