Perhutani Bantah Penyebab Banjir Lembang Akibat Hutan Gundul

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:11 WIB
[Kondisi banjir di Lembang] Dapur rumah ambruk di Kampung Cikole, RT 5/6, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
[Kondisi banjir di Lembang] Dapur rumah ambruk di Kampung Cikole, RT 5/6, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara membantah anggapan bahwa penyebab daerah Lembang jadi langganan banjir akibat hutan gundul. 

Pasalnya pemanfaatan lahan hutan sudah diatur dalam perundang-undangan nomor 83 tahun 2016, sehingga dipastikan sudah ada pembatasan untuk pemanfaatan lahan. 

"Terkait pembatasan itu sudah jelas, sekarang pembangunan wisata itu berdasarkan peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor P.13 tahun 2020. Jadi ada batasan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dibangun," kata Asisten Perhutani KPH Bandung Utara, Susanto, Kamis 21 Oktober 2021. 

Sebelumnya, Forum Penyelamat Lingkungan Hidup (FPLH) Jawa Barat dan pihak Desa Cikole menilai penyebab banjir di Lembang baru-baru ini tak hanya akibat masalah drainase saja, tetapi ada pemanfaatan lahan dengan cara eksploitasi pertanian dan objek wisata di hulu. 

"Makanya kita menepis kalau ada anggapan alih fungsi hutan karena kalau alih fungsi hutan itu ditebang, misalnya dijadikan rumah, dan sawah, itu baru alih fungsi. Tapi itu hanya pemanfaatan lahan atau ruang, dan tegakan masih ada," katanya.

Menurutnya, pemanfaatan lahan tersebut memang diperbolehkan, asalkan drainase yang ada di sekitarnya harus dilindungi agar kejadian banjir seperti yang terjadi di daerah Cikole tidak terulang.

"Dengan adanya kejadian ini, dalam waktu dekat kami juga akan memaksa mereka (pengguna lahan) untuk menanam kembali, baik dengan rumput hijau maupun dengan bambu di lokasi-lokasi tertentu," ucap Susanto.

Baca Juga: Ribuan Bibit Buah Milik Petani Lembang Ikut Terdampak Banjir

Sementara terkait penyebab banjir yang terjadi di daerah Cikole, pihaknya memastikan, sampai saat ini tidak ada pembukaan lahan baik di hulu maupun di hilir yang disebut bisa menyebabkan banjir bandang dan bencana lainnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X