Pegiat Lingkungan Sebut Banjir di Lembang karena Bagian Hulu Gundul

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:32 WIB
 Media sosial Instagram viral oleh sebuah video berisi seorang pengendara roda dua terseret arus banjir di Jalan Raya Lembang, Kabupaten Ban (Tangkapan layar Instagram)
Media sosial Instagram viral oleh sebuah video berisi seorang pengendara roda dua terseret arus banjir di Jalan Raya Lembang, Kabupaten Ban (Tangkapan layar Instagram)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), menjadi daerah langganan banjir tatkala hujan tiba. Terbaru, bencana banjir terjadi di daerah Desa Cibogo hingga menyebabkan pengendara motor terseret aliran air.

Selain di Cibigo, banjir juga terjadi di Kampung Babakan, RT 1 RW 3, Desa Cikole hingga menyebabkan 15 rumah warga dengan total 19 KK terendam.

Peristiwa banjir di kawasan Lembang memang kerap terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, daerah yang menjadi langganan banjir adalah jalan depan Pasar Panorama.

Baca Juga: Pengendara Motor di Lembang Terseret Banjir 

Pegiat Lingkungan dari Forum Penyelamat Lingkungan Hidup (FPLH) Jawa Barat menilai banjir di Cikole dan Cibigo itu tak hanya karena saluran air tersumbat sampah saja, tetapi ada faktor lain yakni lahan di bagian hulunya sudah gundul dan tidak ditanami tanaman keras.

"Sehingga menimbulkan dampak dan berbahaya bagi warga di sekitarnya. Jadi, diperlukan kekompakan agar bencana tidak terjadi di wilayah Lembang," kata Ketua FPLH Jabar Thio Setiowekti, saat dihubungi, Kamis 21 Oktober 2021.

Menurutnya, kawasan hulu di Lembang yang merupakan kawasan lindung baik tanah milik, tanah desa, lahan Perhutani, dan lahan milik PTPN VIII ini, seharusnya jangan ditanami sayuran karena tidak bisa menyerap air hingga akhirnya menyebabkan banjir.

"Jadi penyebab banjir ini tak hanya disebabkan akibat sampah yang dibuang masyarakat ke aliran air, tapi ada lahan yang tidak ditanami oleh pohon keras," kata Thio.

Baca Juga: Diserbu Wisatawan, Lalu Lintas Menuju Lembang Macet Parah

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Misteri Usia Fosil Kerbau Purba di Bandung Barat

Minggu, 16 Januari 2022 | 19:53 WIB
X