Diterjang Banjir dan Longsor, Bandung Barat Gencar Keruk Sampah di Gorong-gorong

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB
Petugas di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya menemukan penyebab banjir yang sering terjadi di Pasar Panorama Lembang. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Petugas di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya menemukan penyebab banjir yang sering terjadi di Pasar Panorama Lembang. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) kerap membuat sejumlah aliran sungai meluap dan menyebabkan banjir cileuncang. Untuk mengantisipasi hal itu, pemerintah gencar melakukan pengerukan drainase.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) KBB, Adang Rahmat Safaat mengatakan, dalam dua pekan terakhir pihaknya terus melakukan normalisasi irigasi.

Dalam sepekan itu, pihaknya kerap menemukan sampah dan pasir jadi penyebab salur air sedimentasi. Bahkan di kawasan Lembang, petugas DPUTR telah mengangkut sampah dan truk penyumbat gorong-gorong sebanyak 5 truk.

Baca Juga: Pengendara Motor di Lembang Terseret Banjir 

Baca Juga: Hujan Lebat, Bandung Barat Diterjang Banjir dan Longsor

"Untuk mengantisipasi banjir saat ini kita melakukan normalisasi saluran irigasi yang berada di sekitar Pasar Panorama Lembang. Rata-rata penyebabnya sampah dan pasir. Di Lembang kita sudang angkut 5 truk sampah dari gorong-gorong," katanya saat ditemui di Padalarang, Kamis 21 Oktober 2021.

Selain di Lembang, pihaknya pun melakukan normalisasi di beberapa titik lain yang ditenggarai berpotensi terjadi luapan air ketika intensitas hujan meningkat.

"Kita juga melakukan normalisasi di kawasan SPN Cisarua, Underpass Padalarang, Cangkorah dan yang lainnya," jelasnya.

Adang menyebut, pihaknya mengerahkan 40 personil yang disebar seluruh wilayah dengan mengoperasikan sejumlah alat berat untuk melakukan normalisasi Irigasi.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X