Sepekan Dilanda Banjir dan Longsor, KBB Belum Tetapkan Status Siaga Bencana

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:34 WIB
ilustrasi banjir; Cuaca ekstrem yang melanda KBB sepekan terakhir membuat wilayah ini diterjang bencana banjir dan pergerakan tanah atau longsor. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
ilustrasi banjir; Cuaca ekstrem yang melanda KBB sepekan terakhir membuat wilayah ini diterjang bencana banjir dan pergerakan tanah atau longsor. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada sepekan terakhir membuat wilayah ini diterjang bencana banjir dan pergerakan tanah atau longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB mencatat 8 lokasi longsor dan banjir di 4 kecamatan yaitu Ngamprah, Gununghalu, Sidangkerta, dan Lembang. Bencana itu terjadi beruntun mulai tanggal 16-20 Oktober 2021.

Meski begitu, BPBD KBB belum menaikan status bencana ke siaga bencana. Pasalnya, BPBD masih menunggu instruksi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: 22 Daftar HP NFC Murah Terbaru dan Terbaik Oktober 2021

"Kita belum tetapkan status siaga bencana karena menunggu arahan dari Provinsi Jawa Barat. Biasanya sering ada Rakor dulu untuk menetapkan status siaga bencana," kata Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo, saat dihubungi, Rabu 20 Oktober 2021.

Meski begitu, status siaga bencana bisa diterapkan secara mandiri oleh Pemda KBB apabila muncul kejadian bencana luar biasa. Saat ini, kejadian bencana masih dalam tahap normal.

"Sebagai bahan pertimbangan kita akan terus memantau prakiraan cuaca dari BMKG dan terus mendata laporan bencana di tingkat kewilayahan," tambahnya.

Terbaru, bencana longsor dan banjir menerjang wilayah Lembang, pada Selasa 19 Oktober 2021. Banjir dan longsor ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi dalam waktu cukup lama Beruntung tidak ada korban jiwa dalam tuga peristiwa bencana tersebut.

Duddy mengatakan, hujan deras yang mengguyur Bandung Barat khususnya di kawasan Lembang mengakibatkan adanya tanah bnajir dan tanah longsor di beberapa titik.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pendidikan Islam Melahirkan SDM Unggul dan Berkualitas

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:24 WIB
X