Selamatkan Fosil di Waduk Saguling, Pulau Sirtwo Didorong Masuk Wilayah Geopark Rajamandala

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:29 WIB
Lokasi penemuan fosil  di Waduk Saguling; Disparbud KBB bakal memasukkan lokasi penemuan fosil di Waduk Saguling Pulau Sirtwo menjadi bagian terpadu dari Geopark Rajamandala. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Lokasi penemuan fosil di Waduk Saguling; Disparbud KBB bakal memasukkan lokasi penemuan fosil di Waduk Saguling Pulau Sirtwo menjadi bagian terpadu dari Geopark Rajamandala. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal memasukkan lokasi penemuan fosil di Waduk Saguling di kawasan Pulau Sirtwo, Kampung Suramanggala RT 01 RW 01 Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, menjadi bagian terpadu dari Geopark Rajamandala.

Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya konservasi sekaligus mendorong lokasi penemuan fosil di Waduk Saguling itu jadi wahana edukasi sejarah kebumian serta peninggalan peradaban Bandung Purba.

Kepala Disparbud, KBB, Heri Partomo mengatakan rancangan detail terkait rencana konservasi lokasi penemuan fosil di Waduk Saguling masih dibicarakan bersama tim peneliti dari ITB dan Museum Geologi. Sementara, aparat kewilayahan dan masyarakat sekitar akan berjaga agar tak fosil di Pulau Sirtwo tetap aman.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi dan Harga Redmi Note 11 Pro 5G

"Kita dorong masyarakat sekitar dan pihak kecamatan mengawasi. Agar tiap orang yang masuk terpantau. Sementara itu dulu sambil menunggu keputusan lanjutan ke depan," papar Heri.

Namun untuk jangka panjang Disparbud telah memproyeksikan lokasi penemuan fosil di Waduk Saguling Pulai Sirtwo itu masuk Geopark Rajamandala. Nantinya usulan kawasan Geopark Rajamandala meliputi 4 kecamatan yaitu, Padalarang, Cipatat, Saguling, dan Cipongkor.

"Ke depan kawasan ini akan diajukan menjadi Geopark Rajamandala meliputi 4 Kecamatan. Tapi ini prosesnya panjang. Seperti Geopark lain di Indonesia perlu banyak kajian-kajian lagi," kata Heri saat dihubungi, Rabu 20 Oktober 2021.

Baca Juga: 10 HP Murah Kamera Depan Bagus Terbaik 2021, Mulai 1 Jutaan!

Geopark Rajamandala memiliki pesona alam yang eksotis. Keindahan alam dan bebatuan khas peradaban Bandung Purba berada di beberapa lokasi seperti surga fosil di Pulau Sirtwo, jejak manusia purba di Guha Pawon.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X