Jemaah Indonesia Bisa Kembali Umrah, Pedagang Pasar Baru Berhati-hati

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:57 WIB
Petugas menyemprotkan disinfektan di Pasar Baru Trade Center (PBTC). (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)
Petugas menyemprotkan disinfektan di Pasar Baru Trade Center (PBTC). (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Arab Saudi membuka kembali umrah bagi jemaah Indonesia. Hal ini disambut baik oleh pedagang Pasar Baru, khususnya pedagang oleh-oleh umrah dan haji.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru Bandung (HP2B) Iwan Suhermawan mengatakan, dengan diperbolehkannya jemaah Indonesia untuk umrah, pedagang di Pasar Baru menyambut baik hal ini.

Menurut Iwan, informasi ini menjadi kegembiraan bagi para pedagang pasar baru. Pasalnya, oleh-oleh haji dan umrah ini menjadi salah satu komoditas dagangan yang sangat diandalkan oleh para pedagang.

Baca Juga: Pasar Baru Hingga ITC Buka dengan Sistem Ganjil-Genap

"Ya mudah mudahan, ini adalah informasi yang positif dan tentunya akan menambah semangat para pedagang untuk bisa kembali buka," ujar Iwan pada Selasa, 19 Oktober 2021.

Terkait hal ini, Iwan mengatakan tak ada persiapan khusus dari para pedagang.

"Saya kira tidak ada persiapan khusus, para pedagang juga berhati-hati. Tapi tentunya ini akan disambut baik. Pedagang akan mempersiapkan jenis dagangan yang diperlukan untuk oleh-oleh," tambah Iwan.

Iwan menambahkan, semenjak terbit larangan ibadah haji dan umrah karena pandemi, dalam 2 tahun terakhir banyak pedagang oleh-oleh haji dan umrah yang tutup hingga bangkrut.

"Kita belajar pada masa PSBB kemarin, ini yang diantisipasi oleh pedagang. Pada saat keberangkatan haji tidak di perbolehkan, para pedagang sudah 2 kali mengalami kerugian. Antusias tapi tetap berhati hati," beber Iwan.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ratusan Sekolah di Bandung Siap Gelar PTMT Gelombang 3

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:11 WIB

SEJARAH PERSIB HARI INI: Persib Putri Lolos ke Final

Selasa, 7 Desember 2021 | 08:55 WIB

Update Covid Bandung Hari Ini, Tersisa 43 Kasus

Selasa, 7 Desember 2021 | 07:00 WIB

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB
X