Jawa Barat Punya Peran Strategis dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

- Senin, 18 Oktober 2021 | 19:51 WIB
Ilustrasi Supply Chain Centre. (Pixabay/Marcinjozwiak )
Ilustrasi Supply Chain Centre. (Pixabay/Marcinjozwiak )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi Covid-19 telah berlangsung kurang lebih dua tahun lamanya. Selama itulah segala sektor terkena dampaknya, terutama dari segi ekonomi.

Ekonomi daerah di Indonesia mengalami kemorosotan. Tentunya hal tersebut juga berdampak pada kemerosotan ekonomi nasional.

Supaya ekonomi nasional bisa kembali pulih di tengah himpitan pandemi Covid-19, kebangkitan ekonomi di daerah bisa menjadi salah satu upaya kuat yang mendasar.

Jawa Barat sendiri memiliki peran strategis dan merupakan tulang punggung Indonesia dalam pemulihan ekonomi nasional.

Dalam Webinar yang diselenggarakan oleh Komite Pemulihan Ekonomi Daerah bertajuk "Peran Strategis Jawa Barat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional," sebanyak 61% industri nasional berada di Jawa Barat, khususnya daerah Bodetabek.

Menurut data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Jawa Barat menempati peringkat pertama di nasional dalam realisasi investasi pada Semester I Tahun 2021 dengan nilai investasi sebesar Rp 72,50 triliun atau 16% dari nilai realisasi investasi nasional.

Modal investasi itu tersalurkan pada Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), yakni sebesar 40% di industri terutama otomotif, kawasan perumahan dan logistik.

"Bahwa Jawa Barat menjadi destinasi tertinggi untuk investasi," ujar Ketua Dinas PMPTSP Neneng Komara, Senin, 18 Oktober 2021.

Menurutnya, terdapat tiga kunci utama Jawa Barat menjadi wilayah favorit investasi dari negara-negara luar.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PSI Walk Out Saat Rapat RAPBD, Ini Tanggapan Oded

Senin, 29 November 2021 | 16:03 WIB
X