Penanganan Covid-19 Jabar Terus Membaik, Vaksinasi Berlanjut

- Senin, 18 Oktober 2021 | 19:46 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, penanganan Covid-19 di Jawa Barat sudah jauh lebih baik. (Dok. Pemprov Jawa Barat)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, penanganan Covid-19 di Jawa Barat sudah jauh lebih baik. (Dok. Pemprov Jawa Barat)

KOTA BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, penanganan Covid-19 di Jawa Barat sudah jauh lebih baik.

Adapun angka keterisian tempat tidur rumah sakit (bed occupancy rate/BOR) di Jawa Barat tinggal 4,03 persen. Demikian berdasarkan data Bersatu Lawan COVID-19 per 9 Oktober. Angka kasus aktif Covid-19 pun hanya 0,29 persen.

"BOR kami hanya 4 persen dari 91 persen. Jadi kami tetap menjaga protokol kesehatan dan kami melihat ke depan untuk mempersiapkan endemi," kata Ridwan Kamil.

Di sisi lain, Pemda Provinsi Jawa Barat sedang mempersiapkan tujuh ekonomi baru pasca-COVID-19, yakni:

  1. Meraup peluang investasi perusahaan yang pindah dari Tiongkok
  2. Swasembada pangan
  3. Swasembada teknologi
  4. Mendorong peluang bisnis di sektor kesehatan
  5. Inovasi digital
  6. Green business atau penerapan ekonomi berkelanjutan, dan
  7. Pariwisata lokal.

Untuk menuju hal tersebut, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat terus mempercepat vaksinasi Covid-19 sehingga 37 juta orang bisa divaksin hingga akhir Desember 2021.

Vaksinasi dilakukan dengan berbagai cara, mulai kolaborasi dengan alumni sekolah, himpunan mahasiswa, hingga lembaga-lembaga tertentu.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga dengan door to door.

Cara ini sudah dilakukan sejak 31 Agustus 2021, yang disaksikan langsung Presiden Joko Widodo di Kampung Pengampaan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat  Nina Susana Dewi mengatakan, vaksinasi door to door Jabar dilakukan melalui program Saber Vaksinasi yang menarget kelompok masyarakat yang selama ini kurang tersentuh kabupaten/kota.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

PSI Walk Out Saat Rapat RAPBD, Ini Tanggapan Oded

Senin, 29 November 2021 | 16:03 WIB
X