Malah Dikorupsi! Pengadaan Lahan Pemakaman Covid-19 di Cimahi

- Senin, 18 Oktober 2021 | 19:47 WIB
[Ilustrasi petugas pemakaman Covid-19] DPRD Kota Cimahi kecewa dengan banyaknya korupsi dalam pengadaan lahan untuk tempat pemakaman khusus pasien Covid-19 di Cimahi. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)
[Ilustrasi petugas pemakaman Covid-19] DPRD Kota Cimahi kecewa dengan banyaknya korupsi dalam pengadaan lahan untuk tempat pemakaman khusus pasien Covid-19 di Cimahi. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM — DPRD Kota Cimahi kecewa dengan banyaknya korupsi dalam pengadaan lahan untuk tempat pemakaman khusus pasien Covid-19 di Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara.

Perbuatan tersebut dianggap mencederai rakyat. Pasalnya, dilakukan di masa pandemi Covid-19, ketika semestinya tiap orang berempati dan saling bantu. 

"Ini sesuatu yang sangat mengecewakan kami dengan penyimpangan itu. Apalagi ini dilakukan dalam masa pandemi untuk kebutuhan korban," kata Ketua DPRD Kota Cimahi, Achmad Zulkarnain saat dihubungi, Senin 18 Oktober 2021.

Diketahui, dalam pengadaan lahan khusus Covid-19 itu, Kejari Cimahi sudah menetapkan tiga tersangka. Yakni AJ, pensiunan PNS yang menjabat Sekretaris DPKP saat pengadaan berlangsung.

Kemudian AK, PNS aktif di Pemkot Cimahi yang menjabat Kassubag Umum dan Kepegawaian DPKP Kota Cimahi saat penangadaan berlangsung, serta YT yang mengaku pemilik tanah dengan bukti akte jual beli.

Menurut Azul, sapaan Achmad Zulkarnain, kasus pengadaan lahan tersebut bisa saja terjadi lantaran kurang tertib dalam administrasi sehingga lahannya diklaim orang lain. Padalah, lahan tersebut milik Pemkot Cimahi.

Lahan yang dibeli Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi pun ternyata milik Pemkot Cimahi, meski belum disertifikatkan.

"Sangat mungkin terjadi seperi ini oleh karena itu kita minta dinas atau badan terkait untuk benar-benar mensertifikasi aset lahan atau bangunan yang dimiliki oleh Pemkot segera dibuatkan sertifikasinya," tegas Azul.

Apalagi setiap tahun, kata dia, pihaknya selalu memberikan persetujuan anggaran khusus program sertifikasi lahan milik Pemkot Cimahi.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tukang Bubur di Bandung Nyambi Jual Pil Psikotropika

Kamis, 2 Desember 2021 | 17:11 WIB

ODGJ dan Disabilitas Cimahi Bakal Dibuatkan KTP

Selasa, 30 November 2021 | 17:24 WIB
X