Pengadaan Makam Covid-19 di Cimahi Jadi Ajang Korupsi, 1 ASN Jadi Tersangka

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 18:15 WIB
ilustrasi pemakaman jenazah pasien Covid-19; pengadaan lahan pemakaman Covid-19 di TPU Lebaksaat, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi jadi ajang korupsi. (Ayobandung.com)
ilustrasi pemakaman jenazah pasien Covid-19; pengadaan lahan pemakaman Covid-19 di TPU Lebaksaat, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi jadi ajang korupsi. (Ayobandung.com)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- pengadaan lahan pemakaman Covid-19 di TPU Lebaksaat, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi jadi ajang korupsi.

Kasus tindak pidana korupsi itu bermula ketika Pemkot Cimahi melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi melakukan pengadaan tanah tahun 2020 untuk pemakaman Covid-19 dengan anggaran Rp 569.520.000.

Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkot Cimahi berinisial AK ditetapkan sebagai tersangka setelah dilakukan penyelidikan oleh Kejaksaan negeri (Kejari) Kota Cimahi.

Baca Juga: Kanker Serius Bisa Terlihat dari Tahi Lalat dan Urine, Cek Segera!

Selain AK, Kejari Cimahi juga menetapkan pensiunan PNS berinisial AJ dan YT dari pihak swasta sebagai tersangka. AK dan AJ disebut terlibat dalam pengadaan tanah, yang ternyata milik Pemkot Cimahi.

"Pengadaan tanahnya seluas 791 meter persegi yang diklaim tersangka YT dengan dasar akta jual beli," kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Cimahi, Feby Gumilang kepada wartawan pada Jumat 15 Oktober 2021.

Namun setelah dilakukan penyelidikan sejak awal tahun 2021, penyidik Kejari Cimahi menemukan adanya kejanggalan dari proses pengadaan tanah yang diperuntukan untuk makam Covid-19 itu.

Tersangka AJ yang semasa aktif menjadi Sekretaris pada DPKP Kota Cimahi dan AK yang ketika itu menjabat Kassubag Umum dan Kepegawaian pada DPKP Kota Cimahi tidak melakukan inventarisasi dan identifikasi secara yuridis.

Baca Juga: HP Murah 1 Jutaan RAM 4GB, Intip Spesifikasi Advan G5

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X