Anak Pasangan Nikah Siri Boleh Masuk Kartu Keluarga di Kota Cimahi

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:13 WIB
[Ilustrasi anak dan orang tua] Pasangan nikah siri di Kota Cimahi sudah bisa memiliki kartu keluarga (KK). Anak dari pasangan nikah siri juga bisa membuat akta lahir. (Pixabay/Gerd Altmann)
[Ilustrasi anak dan orang tua] Pasangan nikah siri di Kota Cimahi sudah bisa memiliki kartu keluarga (KK). Anak dari pasangan nikah siri juga bisa membuat akta lahir. (Pixabay/Gerd Altmann)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM — Pasangan nikah siri di Kota Cimahi sudah bisa memiliki kartu keluarga (KK). Selain itu, anak dari pasangan nikah siri juga bisa membuat akta lahir. 

Artinya, nama sang anak dari hasil pernikahan nikah siri juga diperbolehkan masuk ke dalam Kartu Keluarga, sebagai salah satu syarat pembuatan akta lahir.

Kebijakan penerbitan KK bagi pasangan suami istri siri telah memiliki payung hukum dalam (Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 108 Tahun 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Disdukcapil Kota Cimahi, Rosi Desrita mengatakan, meski sudah menerbitkan KK dan akte kelahirannya, pihaknya tak bisa merinci jumlahnya sebab dalam pendataan tak dipisahkan.

Namun ia menyebut trennya sedikit meningkat.  

"Trennya lagi naik. Banyak yang mengajukan pembuatan KK ke sini tapi enggak bawa buku nikah karena kan nikahnya secara siri," kata pada Jumat 15 Oktober 2021. 

Rosi menerangkan, ada sejumlah syarat bagi pasangan suami istri nikah siri yang ingin mendapatkan KK dan akte kelahiran.

Yakni Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang ditandangani oleh dua orang saksi pernikahan siri. 

"Ada syarat tambahannya yakni SPTJM sebagai bukti, itu harus dilengkapi," ucap Rosi.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tukang Bubur di Bandung Nyambi Jual Pil Psikotropika

Kamis, 2 Desember 2021 | 17:11 WIB

ODGJ dan Disabilitas Cimahi Bakal Dibuatkan KTP

Selasa, 30 November 2021 | 17:24 WIB
X