Perahu Eretan Penyelamat Anak Sekolah di Majalaya

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:57 WIB
Perahu eretan yang membantu pelajar di Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Perahu eretan yang membantu pelajar di Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

MAJALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Perahu eretan menjadi penyelamat anak untuk bisa bersekolah di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Tanpa adanya perahu yang ditarik menggunakan tangan ini, para puluhan pelajar di Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung tidak bisa tiba di sekolah tepat waktu.

Sebuah sungai selebar lebih kurang 10-15 meter menjadi penghalang bagi warga Kampung Lampegan, Kecamatan Ibun dan Kampung Balekambang, Kecamatan Majalaya. Perahu eretan menjadi moda transportasi.

Bagi warga, perahu eretan di sungai Citarum tersebut menjadi penyelamat anak-anaknya bisa sekolah. "Tanpa ada perahu eretan ini, anak-anak sulit untuk pergi sekolah," ujar Hafid, salah seorang warga, Jumat 15 Oktober 2021.

Baca Juga: Cantiknya Warna Warni Mural di Babakan Siliwangi

Sebuah sekolah menengah pertama di Balekambang, merupakan sekolah terdekat dari Kampung Lampegan dan beberapa kampung lainnya di Kecamatan Ibun.

Memang, ada jalur yang lebih aman dibanding dengan menyebrang sungai. Namun, jika harus melewati jalan raya tersebut, biaya transportasi yang lumayan mahal menjadi kendala.

Dari Kampung Lampegan, harus terlebih dahulu menggunakan angkutan umum ke Alun-alun Majalaya dan kembali menggunakan ojek. Biaya yang dikeluarkan bisa mencapai belasan atau puluhan ribu rupiah.

Perahu eretan memang menjadi penyelamat anak untuk bisa ke sekolah. Biaya transportasi yang mencapai belasan ribu satu kali jalan, bisa dipangkas menjadi seribu rupiah.

"Waktu juga tidak terlalu lama," ujarnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 SD Negeri di Margahayu Dituntut Rp4,8 Miliar

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:11 WIB
X