Cantiknya Warna Warni Mural di Babakan Siliwangi

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:23 WIB
Mural di Babakan Siliwangi, Kota Bandung. (Instagram/@infobandungkota)
Mural di Babakan Siliwangi, Kota Bandung. (Instagram/@infobandungkota)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Revitalisasi mural di Jalan Babakan Siliwangi, Kota Bandung, telah selesai. Tembok di sepanjang jalan itu kini telah dipercantik dengan mural berwarna cerah.

Mural memang sudah menghiasi Jalan Babakan Siliwangi sejak 2016, yang dibuat oleh komunitas mural Bandung. Namun, warnanya semakin lama semakin memudar, tidak secerah dulu.

Baca Juga: Mural dan Sketching Berpotensi jadi Daya Tarik Wisata Kota

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung kemudian menghidupkan kembali atau melakukan revitalisasi terhadap tembok di jalan tersebut.

Revitalisasi mural selesai pada Rabu, 13 Oktober 2021, yang membuat tembok kawasan Babakan Siliwangi terlihat lebih cantik dan bisa dijadikan pilihan untuk jadi lokasi selfie.

Baca Juga: Swab Acak untuk Siswa dan Guru PTMT Mulai Digelar Pemkot Bandung

Gambar mural terlihat makin cantik dengan ornamen garis dan warna-warna yang cerah. Kawasan itu lebih hidup karena kini ada beberapa kursi taman yang dipasang.

Penambahan kursi di sepanjang trotoar bisa dimanfaatkan para pejalan kaki untuk beristirahat, atau sekadar duduk santai. Gambar mural terbaru di sepanjang tembok jalan babakan siliwangi yang di upload akun instagram info bandung kota ini menarik perhatian para netizen.

Mural Jadi Daya Tarik Wisata Kota

Industri pariwisata adalah salah satu industri yang paling terdampak pandemi Covid-19. Oleh karenanya, banyak potensi wisata di suatu wilayah yang perlu digali dan dihidupkan kembali agar terus dapat bergeliat seiring dengan pelonggaran pembatasan sosial.

Salah satu potensi wisata yang dapat dimaksimalkan di suatu wilayah adalah wisata kota atau urban tourism. Kemunculan mural dan sketching di berbagai sudut kota dinilai dapat menjadi daya tarik tersendiri baik bagi wisatawan maupun penduduk lokal.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komunitas Mural Bandung, Alga Indria. Dia menyebut mural dapat menjadi salah satu peluang yang menarik dalam wisata perkotaan. Menurutnya, mural bukan hanya sekedar menggambar di dinding tapi juga untuk memberikan rasa kepemilikan dari masyarakat melalui wisata perkotaan.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PSI Walk Out Saat Rapat RAPBD, Ini Tanggapan Oded

Senin, 29 November 2021 | 16:03 WIB
X