Badan Geologi Mulai Ekskavasi Fosil Gajah di Waduk Saguling

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:50 WIB
Ekskavasi ini tak hanya untuk menyelidiki asal muasal fosil, tapi juga untuk mengetahui jenis batuan, lapisan tanah, morfologi, dan lainnya. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Ekskavasi ini tak hanya untuk menyelidiki asal muasal fosil, tapi juga untuk mengetahui jenis batuan, lapisan tanah, morfologi, dan lainnya. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Tim Badan Geologi Bandung mulai melakukan ekskavasi fosil gajah di Pulau Sirtwo Waduk Saguling, Kampung Suramanggala RT 01 RW 01 Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Keputusan ekskavasi dilakukan setelah Badan Geologi melakukan studi lapangan pada Kamis 14 Oktober 2021. Proses penggalian fosil bakal menggandeng beberapa akademisi dari berbagai perguruan tinggi seperti UI, ITB dan Unpad.

"Hari ini kita sudah melakukan studi awal. Rencananya, besok kita mulai ekskavasi," kata Penyelidik Bumi dari Badan Geologi Bandung, Johan Budi Winarto.

Baca Juga: HP 5G Termurah, Nokia G300 Cuma 2 Jutaan!

Menurut Johan, langkah ekskavasi tak hanya untuk menyelidiki tentang asal muasal fosil, tapi juga untuk mengetahui jenis batuan, lapisan tanah, morfologi, dan lainnya.

"Ini batuannya apa, terus morfologinya apa, jadi kenapa bentuknya seperti ini jelas dulu ini sungai dibendung kemudian sepeti ini. Dulu ini mungkin bukit, lalu erosi sehingga fosil-fosil melimpah muncul," tambahnya.

Johan menjelaskan, rencananya ekskavasi itu bakal dilakukan selama satu pekan saja sebagai langkah studi awal. Jika diperlukan untuk penelitian lebih lanjut biasanya penggalian memakan waktu 1 sampai 2 bulan

"Saya perkirakan perlu sebulan sampai dua bulan untuk ekskavasi di sini dengan izin dari pemerintah daerah setempat. Ekskavasi pasti kita lakukan, ini studi awal 5 sampai 10 hari di sini ada apa di sini, karena sebenarnya di sini batu pasir terus ditutup batu vulkanik, saya gak tahu sumberdaya dari mana," paparnya.

Baca Juga: 4 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Setelah Makan, Tak  Perlu Mahal!

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pendidikan Islam Melahirkan SDM Unggul dan Berkualitas

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:24 WIB
X